KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.author Ambarwati, Anggi
dc.date.accessioned 2025-07-24T08:38:08Z
dc.date.available 2025-07-24T08:38:08Z
dc.date.issued 2025-06-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6988
dc.description.abstract ANGGI AMBARWATI. Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Pontianak : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2023. Madrasah adalah lembaga pendidikan islam formal yang menyelenggarakan pendidikan dengan menggabungkan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan tentang 1) Kegiatan utama dalam keterampilan mengelola kelas yang dilakukan guru pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Darul Falah Pontianak. 2) Komponen keterampilan guru mengelola kelas pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Pontianak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Sumber data guru dan peserta didik kelas VII. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data interaktif yang tahapan analisisnya terdiri dari reduksi data, penyajian data kesimpulan dan verifikasi.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan member check. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa. 1) Kegiatan utama adalam keterampilan mengelola kelas yang dilakukan guru dalam pembelajaran, yang pertama adalah menciptakan iklim belajar yang optimal. Yang kedua yaitu mengatur ruang kelas, kegiatan pengaturan ruang kelas adalah pengaturan tempat duduk dan pengaturan media pendidikan, yang ketiga, yakni kegiatan mengelola interaksi belajar di dalam kelas, biasanya didahului dengan kegiatan membuka pembelajaran dan diakhiri dengan kegiatan menutup pembelajaran. Kegiatan menutup dan membuka pembelajaran termasuk kegiatan mengelola kelas yang penting dilakukan oleh guru setiap proses belajar mengajar. 2) Adapun komponen mengelola kelas yang perlu diperhatikan oleh guru pertama adalah komponen keterampilan yang bersifat represif dan preventif, hal itu terlihat dalam aktivitas guru krtika mengajar. Komponen mengelola kelas yang bersifat preventif adalah seorang guru menunjukkan sikap tanggap, membagi dan memberikan perhatian secara menyeluruh. Komponen mengelola kelas yang bersifat represif, en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Keterampilan Guru en_US
dc.subject Pengelolaan Kelas en_US
dc.subject Pembelajaran Akidah Akhlak. en_US
dc.title KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account