dc.description.abstract |
ANGGI AMBARWATI. Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada
Pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah
Pontianak : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2023.
Madrasah adalah lembaga pendidikan islam formal yang menyelenggarakan
pendidikan dengan menggabungkan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu
umum.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan
mendeskripsikan tentang 1) Kegiatan utama dalam keterampilan mengelola kelas
yang dilakukan guru pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Darul
Falah Pontianak. 2) Komponen keterampilan guru mengelola kelas pada
pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah
Pontianak?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif.
Sumber data guru dan peserta didik kelas VII. Alat pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
interaktif yang tahapan analisisnya terdiri dari reduksi data, penyajian data
kesimpulan dan verifikasi.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan member check.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa. 1) Kegiatan
utama adalam keterampilan mengelola kelas yang dilakukan guru dalam
pembelajaran, yang pertama adalah menciptakan iklim belajar yang optimal. Yang
kedua yaitu mengatur ruang kelas, kegiatan pengaturan ruang kelas adalah
pengaturan tempat duduk dan pengaturan media pendidikan, yang ketiga, yakni
kegiatan mengelola interaksi belajar di dalam kelas, biasanya didahului dengan
kegiatan membuka pembelajaran dan diakhiri dengan kegiatan menutup
pembelajaran.
Kegiatan menutup dan membuka pembelajaran termasuk kegiatan
mengelola kelas yang penting dilakukan oleh guru setiap proses belajar mengajar.
2) Adapun komponen mengelola kelas yang perlu diperhatikan oleh guru pertama
adalah komponen keterampilan yang bersifat represif dan preventif, hal itu terlihat
dalam aktivitas guru krtika mengajar. Komponen mengelola kelas yang bersifat
preventif adalah seorang guru menunjukkan sikap tanggap, membagi dan
memberikan perhatian secara menyeluruh. Komponen mengelola kelas yang
bersifat represif, |
en_US |