dc.description.abstract |
WAHYUMIL UMMI. Analisis Butir Soal Ulangan Umum Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Soal Pilihan Ganda Di SDN 12 Teluk Pakedai. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Validitas dari soal ulangan
umum semester pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 12 Teluk
Pakedai. 2) Reliabilitas soal ulangan umum semester pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 12 Teluk Pakedai. 3) Tingkat kesukaran pada
soal ulangan umum semester mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 12
Teluk Pakedai. 4) Daya pembeda soal ulangan umum semester mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 12 Teluk Pakedai. 5) Pengecoh soal ulangan
umum semester pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 12 Teluk
Pakedai.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini adalah dokumentasi meliputi soal ulangan umum semester ganjil
dalam bentuk pilihan ganda beserta kunci jawaban soal dan lembar jawaban
peserta didik.
Hasil penelitian yang dilakukan pada analisis butir soal ulangan umum
semester mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada soal pilihan ganda di SDN
12 Teluk Pakedai menunjukkan bahwa: 1) Pada analisis validitas terdapat 10 soal
(50%) dinyatakan valid dan 10 soal (50%) dinyatakan tidak valid. 2) Pada
analisis reliabilitas diketahui nilainya 0,996 yang menunjukkan bahwa hasil ini
memiliki tingkkat reliabilitas sangat tinggi. 3) Pada analisis tingkat kesukaran
terdapat 0 soal (0%) yang berkategori sukar, 12 soal (60%) yang berkategori
sedang dan 8 soal (40%) yang berkategori mudah. 4) Pada analisis daya pembeda
diperoleh soal dengan daya pembeda soal dengan kategori sangat baik tidak ada
atau 0 (0%), untuk soal baik terdapat 2 soal (10%), untuk soal cukup terdapat 6
soal (30%), untuk soal jelek terdapat 6 soal (30%) dan untuk soal sangat jelek
terdapat 6 soal (30%). 5) Pada analisis pengecoh terdapat total 40 opsi jawaban
pengecoh yang diperoleh 12 opsi (30%) dengan pengecoh dalam kategori sangat
baik, 12 opsi (30%) dalam kategori baik, 7 opsi (18%) dalam kategori kurang
baik, 9 opsi (22%) dalam kategori jelek, dan 0 opsi (0%) kategori sangat jelek. |
en_US |