dc.description.abstract |
ADELIA JASMINE, Pengaruh Motivasi dan Rasional terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Layanan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Bank Syariah Indonesia, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan rasionalitas terhadap keputusan nasabah dalam memilih layanan Bank Syariah Indonesia di Kecamatan Pontianak Tenggara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas meningkatnya penetrasi jasa keuangan syariah yang belum sepenuhnya dibarengi dengan proses pengambilan keputusan yang rasional dalam membangun masyarakat perkotaan seperti Pontianak Tenggara.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Data diperoleh dari 100 responden nasabah bank syariah melalui teknik Purposive Sampling. Variabel yang diteliti antara lain motivasi (X1), rasionalitas (X2), dan keputusan pelanggan (Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rasionalitas, dengan koefisien 0,142, nilai statistik-T = 1,697 < 1,96, dan nilai P = 0,090 > 0,05. Namun, motivasi memiliki efek positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan, dengan koefisien 0,513, statistik-T = 4,305 > 1,96, dan nilai-P = 0,000 < 0,05. Rasionalitas juga terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pelanggan, dengan koefisien 0,403, T-statistik = 3,369, dan P-value = 0,001. Sementara itu, pengaruh motivasi tidak langsung terhadap keputusan melalui rasionalitas tidak signifikan, dengan koefisien = 0,057, T-statistik = 1,255, dan P-value = 0,209. T. Hasil tersebut menunjukkan bahwa keputusan pelanggan di Pontianak Tenggara lebih langsung dipengaruhi oleh motivasi, terutama faktor agama dan sosial, daripada oleh pertimbangan rasional. Oleh karena itu, pendekatan berbasis nilai afektif perlu diimbangi dengan peningkatan literasi keuangan syariah agar proses pengambilan keputusan menjadi lebih rasional dan informatif. |
en_US |