PENGARUH MOTIVASI DAN RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH JASA BANK SYARIAH INDONESIA KCP AHMAD YANI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Elisa, Ema
dc.contributor.advisor Firman, Firman
dc.contributor.advisor Lestari, Dini
dc.contributor.advisor Saragih, Eka Junila
dc.contributor.author Arianti, Adelia Jasmine
dc.date.accessioned 2025-07-24T08:00:10Z
dc.date.available 2025-07-24T08:00:10Z
dc.date.issued 2025-07-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6982
dc.description.abstract ADELIA JASMINE, Pengaruh Motivasi dan Rasional terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Layanan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Bank Syariah Indonesia, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan rasionalitas terhadap keputusan nasabah dalam memilih layanan Bank Syariah Indonesia di Kecamatan Pontianak Tenggara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas meningkatnya penetrasi jasa keuangan syariah yang belum sepenuhnya dibarengi dengan proses pengambilan keputusan yang rasional dalam membangun masyarakat perkotaan seperti Pontianak Tenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Data diperoleh dari 100 responden nasabah bank syariah melalui teknik Purposive Sampling. Variabel yang diteliti antara lain motivasi (X1), rasionalitas (X2), dan keputusan pelanggan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rasionalitas, dengan koefisien 0,142, nilai statistik-T = 1,697 < 1,96, dan nilai P = 0,090 > 0,05. Namun, motivasi memiliki efek positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan, dengan koefisien 0,513, statistik-T = 4,305 > 1,96, dan nilai-P = 0,000 < 0,05. Rasionalitas juga terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pelanggan, dengan koefisien 0,403, T-statistik = 3,369, dan P-value = 0,001. Sementara itu, pengaruh motivasi tidak langsung terhadap keputusan melalui rasionalitas tidak signifikan, dengan koefisien = 0,057, T-statistik = 1,255, dan P-value = 0,209. T. Hasil tersebut menunjukkan bahwa keputusan pelanggan di Pontianak Tenggara lebih langsung dipengaruhi oleh motivasi, terutama faktor agama dan sosial, daripada oleh pertimbangan rasional. Oleh karena itu, pendekatan berbasis nilai afektif perlu diimbangi dengan peningkatan literasi keuangan syariah agar proses pengambilan keputusan menjadi lebih rasional dan informatif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Rasionalitas en_US
dc.subject Keputusan Nasabah en_US
dc.subject Bank Syariah en_US
dc.subject Pontianak Tenggara en_US
dc.title PENGARUH MOTIVASI DAN RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH JASA BANK SYARIAH INDONESIA KCP AHMAD YANI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account