Implementasi Program Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author Ananda, Dhea
dc.date.accessioned 2025-07-24T07:00:45Z
dc.date.available 2025-07-24T07:00:45Z
dc.date.issued 2023-10-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6978
dc.description.abstract DHEA ANANDA. Implementasi Program Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah berupa sejumlah peserta didik yang tidak dapat mencapai target menghafal dalam jangka waktu tiga tahun selama di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan program tahfidz Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak tahun ajaran 2022/2023; (2) Sebab program tahfidz Qur’an dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak tahun ajaran 2022/2023; (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi program tahfidz Qur’an dalam meningkatkan kemampuang menghafal Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research), dengan sumber data penelitian yaitu, sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi partisipan, teknik wawancara semi terstruktur dan mendalam, dan teknik dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan program tahfidz Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak tahun ajaran 2022/2023, dilaksanakan sebelum jam belajar di kelas berlangsung pada jam 07.00-08:10 WIB di area sekolah seperti di aula dan mushola. Proses pelaksanaan kegiatan, diawali dengan pembukaan, kegiatan inti, dan penutupan. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti adanya Al-Qur’an, mic dan sound; (2) program tahfidz Qur’an dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak tahun ajaran 2022/2023, karena adanya metode menghafal Al-Qur’an, persiapan dalam menghafal Al-Qur’an, hal hal yang membantu dalam menghafal Al-Qur’an, hal-hal yang mempengaruhi kecepatan menghafal Al-Qur’an; (3) Faktor pendukung dalam implementasi program tahfidz Qur’an, yaitu adanya sumber daya manusia yang tersedia, perhatian baik dari pihak sekolah maupun orang tua, terpenuhinya dana dan kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi program tahfidz Qur’an yaitu, peserta didik kurang bersemangat dan kurangnya dukungan untuk mengikuti kegiatan atau program. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi Program en_US
dc.subject Tahfidz Qur’an en_US
dc.subject Kemampuan Menghafal Al- Qur’an en_US
dc.title Implementasi Program Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account