Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Menggunanakan Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV A di SDN 54 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Anwar, Fitri Rindiani
dc.date.accessioned 2025-07-24T07:00:01Z
dc.date.available 2025-07-24T07:00:01Z
dc.date.issued 2023-10-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6977
dc.description.abstract Fitri Rindiani Anwar, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Menggunanakan Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV A di SDN 54 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). dengan perencanaan menggunakan model discovery learning pembelajaran pada siswa kelas IV A di SDN 54 Pontianak Barat tahun pelajaran 2023/2024, 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). dengan perencanaan menggunakan model discovery learning pembelajaran pada siswa kelas IV A di SDN 54 Pontianak Barat tahun pelajaran 2023/2024, 3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). dengan perencanaan menggunakan model discovery learning pembelajaran pada siswa kelas IV A di SDN 54 Pontianak Barat tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data menggunakan data primer wawancara guru kelas IV A di SD Negeri 54 Pontianak Barat sedangkan data sekunder diperoleh dari bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, dan dokumen lain yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan keseimpun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) menggunakan pembelajaran discovery learnig pada siswa kelas IV A di SDN Pontianak Barat diwujudkan dalam silabus beserta pengembangan RPP yang dirancang sebagai panduan guru untuk mengajar, 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) menggunakan pembelajaran discovery learnig pada siswa kelas IV A di SDN Pontianak Barat ada tiga tahap yaitu tahap awal dengan memberikan rangsangan kepada siswa dan tahap inti dengan pemberian rangsangan (stimulation), mengidentifikasi masalah (problem statement), mengumpulkan data (data collection), mengolah data (data processing), memverifikasi (verification),dan menyimpulkan (generalization) serta tahap ketiga dengan siswa untuk berbagi pengalaman serta ilmu diakhir pembelajaran, 3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) menggunakan pembelajaran discovery learnig pada siswa kelas IV A di SDN Pontianak Barat dengan otentik assesment yang menggunakan tes uraian dan tes objektif en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelaksaanan en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Menggunakan Discovery Learning en_US
dc.title Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Menggunanakan Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV A di SDN 54 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account