dc.description.abstract |
Fitri Rindiani Anwar, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) Dengan Menggunanakan Pembelajaran Discovery Learning
Pada Siswa Kelas IV A di SDN 54 Pontianak Barat Tahun Pelajaran
2023/2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
Tahun 2023.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perencanaan pelaksanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). dengan perencanaan menggunakan
model discovery learning pembelajaran pada siswa kelas IV A di SDN 54 Pontianak
Barat tahun pelajaran 2023/2024, 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam (PAI). dengan perencanaan menggunakan model discovery learning
pembelajaran pada siswa kelas IV A di SDN 54 Pontianak Barat tahun pelajaran
2023/2024, 3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI).
dengan perencanaan menggunakan model discovery learning pembelajaran pada
siswa kelas IV A di SDN 54 Pontianak Barat tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data menggunakan data primer wawancara
guru kelas IV A di SD Negeri 54 Pontianak Barat sedangkan data sekunder
diperoleh dari bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, dan
dokumen lain yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data
dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data, peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan keseimpun.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pelaksanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) menggunakan pembelajaran
discovery learnig pada siswa kelas IV A di SDN Pontianak Barat diwujudkan
dalam silabus beserta pengembangan RPP yang dirancang sebagai panduan
guru untuk mengajar, 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam
(PAI) menggunakan pembelajaran discovery learnig pada siswa kelas IV A
di SDN Pontianak Barat ada tiga tahap yaitu tahap awal dengan memberikan
rangsangan kepada siswa dan tahap inti dengan pemberian rangsangan
(stimulation), mengidentifikasi masalah (problem statement), mengumpulkan
data (data collection), mengolah data (data processing), memverifikasi
(verification),dan menyimpulkan (generalization) serta tahap ketiga dengan
siswa untuk berbagi pengalaman serta ilmu diakhir pembelajaran, 3) Evaluasi
pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) menggunakan
pembelajaran discovery learnig pada siswa kelas IV A di SDN Pontianak
Barat dengan otentik assesment yang menggunakan tes uraian dan tes objektif |
en_US |