PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author NURAINI, NURAINI
dc.date.accessioned 2025-07-24T06:15:41Z
dc.date.available 2025-07-24T06:15:41Z
dc.date.issued 2025-07-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6972
dc.description.abstract NURAINI (11811002), Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Petama Negeri 19 Pontianak : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2025. Guru merupakan unsur terpenting dalam pendidikan dimana Peran guru sangat beragam, meliputi akhlak yang baik, toleransi, dan motivasi serta guru harus mampu menjadi role model. Guru pendidikan agama memiliki peran yang sangat besar dalam menumbuhkan nilai dan sikap toleransi beragama. Sikap toleransi beragama sudah seharusnya dimiliki oleh semua peserta didik. Diman keberagaman juga dapat diartikan sebagai pluralitas, suatu aspek umum yang tidak dapat dipisahkan dari manusia itu sendiri. Perbedaan agama, suku, ras, dan budaya tidak saja memberikan keunikan dan keindahan bagi bangsa Indonesia sendiri..Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama pada siswa di SMP Negeri 19 pontianak. 2) Bagaimana sikap toleransi beragama pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Pontianak?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama pada siswa kelas VIII di SMPN 19 Pontianak, serta untuk mengetahui sikap toleransi beragama pada siswa kelas VIII di SMPN 19 Pontianak..Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana pengumpulan data penelitianya menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi untuk memperoleh informasi yang diperlukan serta profil SMPN 19 Pontianak..Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru pendidikan agama memegang peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama. Guru pendidikan agama Islam menyadarkan siswa akan pentingnya toleransi dan menghargai perdamaian. Dimana guru PAI menjadi pembimbing, memotivasi en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran Guru PAI en_US
dc.subject Nilai Toleransi en_US
dc.subject Sikap en_US
dc.title PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account