PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA BRANDING PADA LEMBAGA RUMAH QUR’AN IMAM SYAFI’I PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.advisor Atiqah, Nur
dc.contributor.advisor Fachrurazi, Fachrurazi
dc.contributor.advisor Baharuddin, Baharuddin
dc.contributor.author Haq, Puji Mujahidatul
dc.date.accessioned 2025-07-24T05:51:59Z
dc.date.available 2025-07-24T05:51:59Z
dc.date.issued 2025-07-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6967
dc.description.abstract PUJI MUJAHIDATUL HAQ, (12115029). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Branding Pada Lembaga Rumah Qur’an Imam Syafi’i Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peran media sosial dalam meningkatkan kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap brand Lembaga Rumah Qur’an Imam Syafi’i Pontianak, 2) Strategi pemanfaatan media sosial yang dilakukan Lembaga Rumah Qur’an Imam Syafi’i Pontianak dalam membangun branding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu, teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media sosial memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap brand Lembaga Rumah Qur’an Imam Syafi’i Pontianak. Melalui platform seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, TikTok, dan Youtube lembaga berhasil membangun komunikasi, menyebarkan informasi, dan menciptakan citra positif melalui konten informatif dan religious, serta respons cepat dari pengelola akun, 2) Strategi pemanfataan media sosial dilakukan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Lembaga secara aktif memproduksi konten bernilai Islami yang disesuaikan dengan tren, momen, dan kegiatan internal. Melalui tim media dan kerja sama dengan berbagai pihak, strategi kolaboratif diterapkan untuk memperluas jangkauan branding, sehingga media sosial menjadi jembatan efektif dalam membentuk citra dan identitas lembaga. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Branding en_US
dc.subject Lembaga keagamaan en_US
dc.title PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA BRANDING PADA LEMBAGA RUMAH QUR’AN IMAM SYAFI’I PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account