dc.description.abstract |
LIVIA. Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Penguatan
Pendidikan Karakter Peserta Didik Di MAN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama
Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023M/1445H.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya guru mata pelajaran Aqidah
Akhlak dalam memainkan perannya dengan sangat baik dalam penguatan
pendidikan karakter peserta didik di MAN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024
sehingga bisa memperkuat karakter yang diinginkan. Dan tujuan penelitian adalah
mendeskripsikan peran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Aqidah Akhlak
dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 2 Pontianak dan
mendeskripsikan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak melakukan peran tersebut
dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 2 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Data primer yang diambil dari responden guru berjumlah satu orang guru
mata pelajaran Aqidah Akhlak dan kepala madrasah serta peserta didik berjumlah
tiga orang. Data sekunder dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan
referensi tertulis lain yang terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dan teknik
keabsahan data adalah triangulasi dan member check.
Berdasarkan hasil analisis data maka pembahasan dalam penelitian ini
menemukan fakta bahwa: Pertama, peran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran
Akidah Akhlak dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 2
Pontianak ialah sebagai pengajar, sebagai pendidik, sebagai penasehat, sebagai
teladan, sebagai motivator, dan sebagai evaluator. Kedua, guru mata pelajaran
Aqidah Akhlak melakukan peran tersebut dalam penguatan pendidikan karakter
pada peserta didik di MAN 2 Pontianak ialah dengan menerapkan lima nilai utama
penguatan pendidikan karakter yaitu nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri,
nilai gotong royong, dan nilai integritas melalui setiap proses pembelajaran maupun
di luar pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru mata pelajaran Aqidah
Akhlak menerapkan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter seperti pada
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran dengan
baik. |
en_US |