Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di MAN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.author Livia, Livia
dc.date.accessioned 2025-07-23T09:13:36Z
dc.date.available 2025-07-23T09:13:36Z
dc.date.issued 2023-10-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6958
dc.description.abstract LIVIA. Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di MAN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023M/1445H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam memainkan perannya dengan sangat baik dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di MAN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 sehingga bisa memperkuat karakter yang diinginkan. Dan tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 2 Pontianak dan mendeskripsikan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak melakukan peran tersebut dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data primer yang diambil dari responden guru berjumlah satu orang guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan kepala madrasah serta peserta didik berjumlah tiga orang. Data sekunder dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan referensi tertulis lain yang terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dan teknik keabsahan data adalah triangulasi dan member check. Berdasarkan hasil analisis data maka pembahasan dalam penelitian ini menemukan fakta bahwa: Pertama, peran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 2 Pontianak ialah sebagai pengajar, sebagai pendidik, sebagai penasehat, sebagai teladan, sebagai motivator, dan sebagai evaluator. Kedua, guru mata pelajaran Aqidah Akhlak melakukan peran tersebut dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 2 Pontianak ialah dengan menerapkan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong royong, dan nilai integritas melalui setiap proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru mata pelajaran Aqidah Akhlak menerapkan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter seperti pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran dengan baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Mata Pelajaran en_US
dc.subject Aqidah Akhlak en_US
dc.subject Penguatan Pendidikan Karakter en_US
dc.title Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di MAN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account