dc.description.abstract |
NYEMAS DILLA SAVIRA. Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 5 MIS NU III Pontianak: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam proses pembelajaran akidah akhlak aktivitas belajar peserta didik belum terekspos secara maksimal yang artinya hanya sebatas menyimak penjelasan pendidik, tanya jawab, dan diskusi. Sedangkan aktivitas-aktivitas belajar lain yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis masih belum dikembangkan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, 1) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 5 MIS NU III Pontianak Pada Kelas Eksperimen; 2) Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 5 MIS NU III Pontianak Kelas Eksperimen dan Kontrol; 3) Pengaruh Antara Kelas Eksperimen Dan Kontrol Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komik Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 5 MIS NU III Pontianak.
Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif. Metode Quasi Eksperimen dengan rancangan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas 5 MIS NU III Pontianak. Teknik pengumpulan data berupa observasi, komunikasi tidak langsung dan dokumentasi, pengukuran berupa angket dan lembar observasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket atau kuesioner dan dokumen atau foto. Analisis data menggunakan; 1) Analisis instrumen data berupa validasi isi, perbutir,keseluruhan dan validitas konstruk serta reliabilitas; 2) Analisis deskriptif berupa penggunaan media pembelajaran berbasis komik dan aktivitas belajar peserta didik dan 3) Analisis pengaruh berupa pemeriksaan uji normalitas, uji homogenitas, persamaan regresi dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1) Penggunaan media komik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas 5B MIS NU III Pontianak terbukti berjalan dengan baik dan efektif. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 5 MIS NU III Pontianak bahwa rata-rata persentase pencapaian sebesar 85,22%.; 2) Aktivitas belajar peserta didik untuk kelas eksperimen menunjukkan hasil rata-rata persentase pencapaian sebesar 81,60%. Sedangkan aktivitas belajar peserta didik pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata persentase pencapaian sebesar 80,49%.;3) Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sejumlah <0,007 < 0,05 (alpha) hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak, sementara hipotesis alternatif (𝐻𝑎) diterima. |
en_US |