dc.description.abstract |
Anfasa Bahat, 2023. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Buzz
Group Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII
SMP Negeri 17 Pontianak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 : Program
Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
(FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023.
Permasalahan yang peneliti temukan dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak setelah
melakukan penelitian pendahuluan antara lain yaitu, kurang semangat, metode
yang membosankan, dan kurang percaya diri pada siswa. Fokus penelitian ini
secara umum adalah aktivitas belajar siswa melalui Buzz Group pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Negeri 17
Pontianak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Secara khusus penelitian
ini sebagai berikut: 1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan strategi buzz
group pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti 2) Aktivitas
belajar siswa pada saat penggunaan strategi buzz group pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti 3) Peningkatan aktivitas belajar siswa
sesudah menggunakan strategi buzz group pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas atau
Classroom Action Research dengan menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif.
Secara umum, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas
belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal ini membuktikan bahwa strategi buzz
group mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Secara khusus, hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini yaitu : Pertama, siswa Kelas VII F pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti sebelum menggunakan strategi
buzz group keaktifan belajarnya sangat rendah. Hal ini dikarenakan kebiasaan
siswa saat proses pembelajaran berlangsung hanya melakukan 4 D yaitu datang,
duduk, dengar dan diam. Kedua, aktivitas belajar siswa pada saat menggunakan
metode diskusi buzz group di kelas VII F mengalami peningkatan. Hal ini dapat
terlihat pada persentase kedua siklus yang mengalami peningkatan yaitu di siklus
I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai 63,08%, sedangkan pada
siklus II mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 81.45%. Ketiga, ter
dapat peningkatan aktivitas belajar siswa sesudah menggunakan strategi buzz
group pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII
F. Hal ini dibuktikan dengan adanya persentase peningkatan yang signifikan dari
pra siklus sebesar 23,84%, siklus I sebesar 63,08%, dan siklus II sebesar 81,45%. |
en_US |