Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Buzz Group Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.author Bahat, Anfasa
dc.date.accessioned 2025-07-23T06:56:26Z
dc.date.available 2025-07-23T06:56:26Z
dc.date.issued 2023-10-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6954
dc.description.abstract Anfasa Bahat, 2023. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Buzz Group Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 : Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023. Permasalahan yang peneliti temukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak setelah melakukan penelitian pendahuluan antara lain yaitu, kurang semangat, metode yang membosankan, dan kurang percaya diri pada siswa. Fokus penelitian ini secara umum adalah aktivitas belajar siswa melalui Buzz Group pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Secara khusus penelitian ini sebagai berikut: 1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan strategi buzz group pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti 2) Aktivitas belajar siswa pada saat penggunaan strategi buzz group pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti 3) Peningkatan aktivitas belajar siswa sesudah menggunakan strategi buzz group pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal ini membuktikan bahwa strategi buzz group mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Secara khusus, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu : Pertama, siswa Kelas VII F pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti sebelum menggunakan strategi buzz group keaktifan belajarnya sangat rendah. Hal ini dikarenakan kebiasaan siswa saat proses pembelajaran berlangsung hanya melakukan 4 D yaitu datang, duduk, dengar dan diam. Kedua, aktivitas belajar siswa pada saat menggunakan metode diskusi buzz group di kelas VII F mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat pada persentase kedua siklus yang mengalami peningkatan yaitu di siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai 63,08%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 81.45%. Ketiga, ter dapat peningkatan aktivitas belajar siswa sesudah menggunakan strategi buzz group pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII F. Hal ini dibuktikan dengan adanya persentase peningkatan yang signifikan dari pra siklus sebesar 23,84%, siklus I sebesar 63,08%, dan siklus II sebesar 81,45%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Buzz Group en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Budi Pekerti en_US
dc.title Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Buzz Group Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account