UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS ISLAMIYAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Aziz, Abdul
dc.contributor.author Khomariyah, Siti
dc.date.accessioned 2025-07-23T06:15:08Z
dc.date.available 2025-07-23T06:15:08Z
dc.date.issued 2025-07-14
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6951
dc.description.abstract SITI KHOMARIYAH, Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTs Islamiyah Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada peserta didik yang malas melaksanakan shalat berjamaah dan tidak serius saat berdoa sebelum memulai pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kegiatan keagamaan, cara guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius, untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung, untuk mengetahui faktor penghambat dalam membentuk karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak yang ada di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat beberapa program kegiatan keagamaan yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Pontianak seperti kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran, shalat dzuhur berjamaah di Masjid Besar Islamiyah Pontianak, kegiatan membaca surah yasin di hari jum’at dan hafalan surah-surah pendek yang dilakukan secara rutin, 2) cara guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik yaitu membimbing, mendidik, menjadi teladan yang baik dan menjadi penasehat yang baik untuk peserta didiknya, 3) terdapat beberapa faktor yang menjadi faktor pendukung untuk membentuk karakter religius peserta didik yaitu suasana madrasah yang religius, keterlibatan kepala madrasah dan guru-guru yang ikut mendampingi peserta didik dalam kegiatan yang diselenggarakan, fasilitas yang cukup memadai seperti adanya masjid, perlengkapan ibadah, buku pedoman hafalan, 4) faktor penghambat pembentukan karakter religius yaitu kurangnya kesadaran peserta didik Sebagian peserta didik belum memiliki kesadaran pribadi untuk menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh, pengaruh lingkungan di luar madrasah yang kurang mendukung nilai-nilai religius dapat menghambat nilai yang sudah ditanamkan di madrasah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya en_US
dc.subject Guru Akidah Akhlak en_US
dc.subject Karakter Religius en_US
dc.title UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS ISLAMIYAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account