Peran Guru Ngaji Kampung dalam Pembelajaran Baca Tulis AL- Qur’anPada anak di Desa Dangkan Kota Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Mikuranda, Mikuranda
dc.date.accessioned 2025-07-23T03:54:10Z
dc.date.available 2025-07-23T03:54:10Z
dc.date.issued 2023-10-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6948
dc.description.abstract MIKURANDA, Peran Guru Ngaji Kampung dalam Pembelajaran Baca Tulis AL- Qur’anPada anak di Desa Dangkan Kota Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peran guru ngaji kampung dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada anak di Desa Dangkan Kota; 2) kendala guru ngaji kampung dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada anak di Desa Dangkan Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah 3 guru ngaji kampung di Desa Dangkan Kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif model Miles dan Hubarman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan member check. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut: 1) peran guru ngaji kampung, antara lain; guru telah melaksanakan peran (a) peran guru sebagai evaluator yaitu telah memberikan penilaian pada saat melaksanakan baca tulis Al-Qur’an dengan cara membagikan 2 kelompok tersebut terbagi ada yang lancar membaca AL-Qur’an dan ada juga yang tidak terlalu lancar membaca Al-Qur’an setelah terbagi menjadi 2 kelompok maka guru ngaji akan lebih memperhatikan pada kelompok yang tidak terlalu lancar membaca serta memberi nasehat untuk terus belajar baca tulis Al-Qur’an; (b) peran guru sebagai inovator yaitu telah memberikan kegiatan baru kepada muridnya contoh kegiatan baru tersebut adalah guru ngaji memutarkan surah-surah pendek dan muridnya menyebutkan nama surah yang diputar guru tersebut dari handphone nya; (c) peran guru sebagai motivator yaitu telah memberikan bimbingan kepada muridnya pada saat melaksanakan baca tulis Al-Qur;an dengan cara intonasi suara serta kalimat yang halus dan ditambahkan canda dalam artian serius dan bahwa minat murid untuk belajar baca tulis Al-Qur’an sangat tinggi dibuktikan dengan murid yang datang ketempat dan murid yang menunggu guru nya di rumah. 2) Faktor kendala yang dihadapi guru ngaji kampung dalam mengenalkan baca tulis Al-Qur’an melalui faktor kendala penghasilan menjadi guru ngaji dari tiga guru ngaji dua diantara nya merupakan bukan kendala tetapi satu nya mengatakan adalah kendala yang berarti dan faktor kendala dari tempat untuk melakuka baca tulis Al-Qur’an tidak ada tempat dari ketiga guru ngaji ada yang mengajar kerumah-rumah ada yang menunggu di rumahnya pribadi dan ada yang menggunakan bekas tempat surau yang tidak digunakan lagi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Guru ngaji kampung en_US
dc.subject Baca tulisa Al-Qur’an en_US
dc.title Peran Guru Ngaji Kampung dalam Pembelajaran Baca Tulis AL- Qur’anPada anak di Desa Dangkan Kota Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account