PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTSS AL-IHSAN PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024-2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Ananda, Siti Dyah
dc.date.accessioned 2025-07-23T02:45:26Z
dc.date.available 2025-07-23T02:45:26Z
dc.date.issued 2025-06-17
dc.identifier.citation APA (American Psychology Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6941
dc.description.abstract SITI DYAH ANANDA. Pengaruh Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTSS Al-Ihsan Pontianak Tahun Ajaran 2024-2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru Al-Qur’an Hadits yang belum tampak mengadakan variasi mengajar dari segi variasi media dan pola interaksi siswa, serta terdapat 5 siswa dari 15 jumlah siswa kelas VII A dan 5 siswa dari 16 jumlah siswa VII B yang masih tampak belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Keterampilan guru mengadakan variasi mengajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTSS Al-Ihsan Pontianak tahun ajaran 2024-2025, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTSS Al-Ihsan Pontianak tahun ajaran 2024-2025, dan 3) Pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII MTSS Al-Ihsan Pontianak tahun ajaran 2024-2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis eksperimen Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu variabel independen (X) untuk keterampilan guru mengadakan variasi mengajar dan variabel dependen (Y) untuk hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas VII di MTSS Al-Ihsan Pontianak dan sampel sebanyak 30 siswa dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah sebagai berikut: 1) Komunikasi Tidak Langsung, 2) Tes (soal pilihan ganda), 3) Observasi, dan 4) Dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu: 1) Analisis Instrumen Data, 2) Analisis Deskriptif, dan 3) Analisis Pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif angket keterampilan guru mengadakan variasi mengajar di kelas kontrol menunjukkan secara keseluruhan memperoleh nilai 73,48% termasuk kategori baik. Sedangkan, kelas eksperimen memperoleh nilai 87,80% termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Berdasarkan hasil analisis deskriptif hasil belajar siswa, maka hasil persentase post-test pada kelas kontrol sebesar 70,57% termasuk dalam kategori baik. Sedangkan, kelas eksperimen menunjukkan nilai 81,8%, yang termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTSS Al-Ihsan Pontianak tahun ajaran 2024-2025. Hal ini berdasarkan uji hipotesis melalui analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < (0,05), dan t_hitung>t_tabel= (9,806>1,70113), maka H_0 ditolak dan H_a diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTSS AL-IHSAN PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024-2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account