dc.description.abstract |
FEBY FEBRIYANTI. Pengaruh Strategi Pembelaajaran Mind Mapping
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam Di Kelas VIII MTs Al-Jihad Kota Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) , Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam, dikarenakan peserta didik kurang
termotivasi untuk belajar dan merasa kesulitan untuk mengingat materi. Hal ini
disebabkan karena strategi yang digunakan guru belum mampu memaksimalkan
pembelajaran di kelas. Sehingga penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui
penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping pada Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs Al-Jihad Kota Pontianak. 2) Untuk
mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Strategi Pembelajaran
Mind Mapping pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs
Al-Jihad Kota Pontianak. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Penerapan
Strategi Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs Al-Jihad Kota
Pontianak.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian
eksperimen dengan menggunakan True Experimental Desingn. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII B yang berjumlah
60, dengan sampel yaitu seluruh kelas VIII A dan kelas VIII B. Alat pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. kemudian untuk
menganalisis data mengunakan IBM SPSS statistik 26.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan
Strategi pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam, dapat membantu peserta didik dalam pemahaman konsep-konsep yang rumit
dan memudahkan peserta didik untuk meningat materi. Penerapan strategi mind
mapping memberikan pengaruh bagi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran,
serta membantu guru dalam memvisualisasikan konsep-konsep yang kompleks. 2)
Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Strategi Mind Mapping pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII B memiliki skor rata-rata tinggi.
Hal tersebut dilihat dari hasil belajar peserta didik mengunakan strategi mind
mapping yang mendapatkan nilai rata-rata 92,6. 3) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar. Hal
ini ditujukkan pada nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima
dan nilai koefisien determinasi (R-squared) sebesar 0,301 menunjukkan bahwa
sekitar 30,1% Strategi mind mapping mempengaruh hasil belajar. |
en_US |