PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VIII MTs AL-JIHAD KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Febriyanti, Feby
dc.date.accessioned 2025-07-21T08:33:59Z
dc.date.available 2025-07-21T08:33:59Z
dc.date.issued 2025-06-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6918
dc.description.abstract FEBY FEBRIYANTI. Pengaruh Strategi Pembelaajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VIII MTs Al-Jihad Kota Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) , Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam, dikarenakan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar dan merasa kesulitan untuk mengingat materi. Hal ini disebabkan karena strategi yang digunakan guru belum mampu memaksimalkan pembelajaran di kelas. Sehingga penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs Al-Jihad Kota Pontianak. 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Mind Mapping pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs Al-Jihad Kota Pontianak. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs Al-Jihad Kota Pontianak. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan True Experimental Desingn. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII B yang berjumlah 60, dengan sampel yaitu seluruh kelas VIII A dan kelas VIII B. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. kemudian untuk menganalisis data mengunakan IBM SPSS statistik 26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan Strategi pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dapat membantu peserta didik dalam pemahaman konsep-konsep yang rumit dan memudahkan peserta didik untuk meningat materi. Penerapan strategi mind mapping memberikan pengaruh bagi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran, serta membantu guru dalam memvisualisasikan konsep-konsep yang kompleks. 2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Strategi Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII B memiliki skor rata-rata tinggi. Hal tersebut dilihat dari hasil belajar peserta didik mengunakan strategi mind mapping yang mendapatkan nilai rata-rata 92,6. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar. Hal ini ditujukkan pada nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan nilai koefisien determinasi (R-squared) sebesar 0,301 menunjukkan bahwa sekitar 30,1% Strategi mind mapping mempengaruh hasil belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Mind Mapping en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VIII MTs AL-JIHAD KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account