dc.description.abstract |
NADIA (12003086) Analisis Mekanisme Penetapan Harga Jual Pada Fotocopy Dan Percetakan Master Printing Di siantan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2025.
Fotocopy dan Percetakan Master Printing adalah usaha perorangan yang merupakan salah satu tempat perbelanjaan alat-alat tulis dan kantor, Fotocopy dan Percetakan. Penelitian ini memiliki 2 Fokus, yaitu: (1) Bagainama Mekanisme Penetapan Harga Jual Pada Fotocopy Dan Percetakan Master Printing dan, (2) Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Mekanisme Penetapam Harga Jual Pada Fotovopy Dan Percetakan Master Printing. Dengan tujuan, (1) Untuk Mengetahui Bagaimana Mekanisme Penetapan Harga Jual Pada Fotocopy Dan Percetakan Master Printing dan (2) Untuk Mengetahui Pagaimana Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Mekanisme Penetapan Harga Jual Pada Fotocopy Dan Percetakan Master Printing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif-analisis untuk mengkaji secara mendalam dan holistik fenomena penetapan harga syariah serta dinamika penurunan nimat pelanggan di Master Printing. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan (field research) untuk mendapatkan pemahaman otentik mengenai mekanisme penetapan harga dan kondisi yang sebenarnya terjadi. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data: Teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik uji keabsahan menggunakan triangulasi.
Berdasarkan analisis dan hasil penelitian, mekanisme penetapan harga jual dan jasa pada Fotocopy dan Percetakan Master Printing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Mekanisme penetapan harga jual pada Fotocopy dan Percetakan Master Printing berdasarkan pada pertimbangan biaya produksi, menggunakan harga sebagai referensi pasar namun tetap mengutamakan kualitas, menyesuaikan harga akhir berdasarkan permintaan, dan mempertimbangkan nilai produk dari kualitas serta kesediaan bahan baku di pasar. Strategi pemasaran yang dijalankan, seperti promosi yang dilakukan harus mendukung tingkat harga yang ditetapkan agar tidak membingungkan konsumen. (2) Mekanisme penetapan harga jual pada Fotocopy dan Percetakan Master Printing berdasarkan tinjauan ekonomi Islam yaitu kerelaan antara penjual dan pembeli, kejujuran dalam menetukan harga, serta keterbukaan dalam menginformasikan harga kepada konsumen, dan persaingan sehat serta menghindari praktik jual beli yang dilarang separti gharar. |
en_US |