MEMBANGUN MINAT MAHASISWA GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN PERBANKAN SYARIAH: PENGARUH PENGETAHUAN, PELAYANAN, RELIGIUSITAS, DAN LOKASI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Elisa, Ema
dc.contributor.advisor Ruci, Dewa
dc.contributor.advisor Rahmawati, Nurul
dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.author RENI, RENI
dc.date.accessioned 2025-07-21T02:53:59Z
dc.date.available 2025-07-21T02:53:59Z
dc.date.issued 2025-06-25
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6896
dc.description.abstract RENI (12107030), “Membangun Minat Generasi Z Dalam Menggunakan Perbankan Syariah: Pengaruh Pengetahuan, Pelayanan, Religiusitas, dan Lokasi”. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas ekonomi dan bisnis islam, Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak, 2025. Latar belakang penelitian adalah rendahnya minat generasi z terhadap perbankan syariah meskipun telah memperoleh pengetahuan di bidang tersebut. Minimnya penggunaan bank syariah dipengaruhi oleh faktor kemudahan akses, efisiensi biaya, dan persepsi kenyamanan layanan bank konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan belum cukup membentuk minat, sehingga perlu dianalisis lebih lanjut pengaruh pelayanan, religiusitas, dan lokasi dalam membangun minat mahasiswa generasi z dalam menggunakan perbankan syariah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan, pelayanan, religiusitas dan lokasi dapat mempengaruhi minat mahasiswa generasi z dalam menggunakan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian berupa jenis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa perbankan syariah angkatan 2021-2022. Sampel dalam penelitian ini sebesar 70 responden yang diambil dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), dan uji koefisien determinasi (r2). Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap minat mahasiswa generasi z dalam menggunakan perbankan syariah khususnya mahasiswa perbanak syariah angkatan 2021-2022 sebesar 2,249 > 1,997. Dengan nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,267 atau 267%. Variabel pelayanan tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap minat mahasiswa generasi z dalam menggunakan perbankan syariah khususnya mahasiswa perbanak syariah angkatan 2021-2022 sebesar 0,518 > 1,997. Dengan nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar -0,052 atau 052%. Variabel religiusitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap minat mahasiswa generasi z dalam menggunakan perbankan syariah khususnya mahasiswa perbanak syariah angkatan 2021-2022 sebesar 6,398 > 1,997. Dengan nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,403 atau 403%. Variabel lokasi berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap minat mahasiswa generasi z dalam menggunakan perbankan syariah khususnya mahasiswa perbankan syariah angkatan 2021-2022 sebesar 4,421 > 1,997. Dengan nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,638 atau 638%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Minat en_US
dc.subject Generasi Z en_US
dc.subject Pengetahuan en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.subject Religiusitas en_US
dc.subject Lokasi en_US
dc.title MEMBANGUN MINAT MAHASISWA GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN PERBANKAN SYARIAH: PENGARUH PENGETAHUAN, PELAYANAN, RELIGIUSITAS, DAN LOKASI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account