HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA MTSS YASTI SEKABAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.advisor Syifa, Abdullah
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Baroroh, Ema Zati
dc.contributor.author Assyifahuda, Iqlima
dc.date.accessioned 2025-07-21T01:41:33Z
dc.date.available 2025-07-21T01:41:33Z
dc.date.issued 2025-05-14
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6889
dc.description.abstract IQLIMA ASSYIFAHUDA, Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Siswa MTSS Yasti Sekabau: Fakultas Ushuluddin dan Adab Program Studi Psikologi Islam. Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 2025 Tujuan dilakukannya penelitian ini secara umum adalah untuk menjelaskan “Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Siswa MTSS Yasti Sekabau”. Tujuan di atas dijabarkan secara khusus oleh peneliti sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui tingkat dukungan sosial pada siswa MTSS Yasti Sekabau, 2) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar pada siswa MTSS Yasti Sekabau, 3) Untuk menganalisis sifat/arah dan signifikansi hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar pada siswa MTSS Yasti Sekabau. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian koresional (hubungan). Populasi penelitian ini berjumlah 55 orang dengan kategori 1) peserta didik kelas VIII & IX di MTSS Yasti Sekabau, 2) Tinggal dengan orangtua. Sumber data penelitian ini adalah sampel yang juga merupakan seluruh populasi peserta didik kelas VIII dan IX berjumlah 55 orang. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisi hubungan dengan rumus korelasi menggunakan SPSS. Hasil Analisis menunjukkan bahwa 1) Dukungan sosial yang diberikan orangtua kepada siswa termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 26 orang atau sebesar 47,3%, 2) Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa juga termsuk dalam kategori tinggi dengan hasil sebanyak sebanyak 31 orang atau sebesar 56,4%, 3) Dukungan sosial yang diberikan oleh orangtua kepada siswa berhubungan secara signifikan dan positif dengan nilai signifikansi uji 2 sisi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai Alpha yaitu 0,05. Artinya semakin tinggi dukungan sosial orangtua, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Dukungan Sosial Orangtua en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA MTSS YASTI SEKABAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account