dc.description.abstract |
IQLIMA ASSYIFAHUDA, Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Siswa MTSS Yasti Sekabau: Fakultas Ushuluddin dan Adab Program Studi Psikologi Islam. Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 2025
Tujuan dilakukannya penelitian ini secara umum adalah untuk menjelaskan “Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Siswa MTSS Yasti Sekabau”. Tujuan di atas dijabarkan secara khusus oleh peneliti sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui tingkat dukungan sosial pada siswa MTSS Yasti Sekabau, 2) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar pada siswa MTSS Yasti Sekabau, 3) Untuk menganalisis sifat/arah dan signifikansi hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar pada siswa MTSS Yasti Sekabau.
Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian koresional (hubungan). Populasi penelitian ini berjumlah 55 orang dengan kategori 1) peserta didik kelas VIII & IX di MTSS Yasti Sekabau, 2) Tinggal dengan orangtua. Sumber data penelitian ini adalah sampel yang juga merupakan seluruh populasi peserta didik kelas VIII dan IX berjumlah 55 orang. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisi hubungan dengan rumus korelasi menggunakan SPSS.
Hasil Analisis menunjukkan bahwa 1) Dukungan sosial yang diberikan orangtua kepada siswa termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 26 orang atau sebesar 47,3%, 2) Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa juga termsuk dalam kategori tinggi dengan hasil sebanyak sebanyak 31 orang atau sebesar 56,4%, 3) Dukungan sosial yang diberikan oleh orangtua kepada siswa berhubungan secara signifikan dan positif dengan nilai signifikansi uji 2 sisi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai Alpha yaitu 0,05. Artinya semakin tinggi dukungan sosial orangtua, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. |
en_US |