dc.description.abstract |
Ramanda Saputra (12103117). Pengaruh E-Commerce Shopee dan Keputusan Pembelian Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Pontianak. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Teknologi internet yang canggih telah mengubah cara masyarakat bertransaksi, dengan e-commerce, seperti Shopee, menawarkan kemudahan berbelanja melalui berbagai metode pembayaran. Namun, kemudahan ini juga berpotensi mendorong perilaku konsumtif, di mana konsumen cenderung melakukan pembelian yang tidak rasional dan terpengaruh oleh faktor eksternal, yang dapat mengarah pada pengeluaran berlebihan dan pemborosan. Dalam konteks ini, keputusan pembelian menjadi sangat penting, karena keputusan yang tepat dapat membantu konsumen berbelanja dengan bijak meskipun dihadapkan pada tawaran menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh e commerce shopee terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Pontianak, 2) pengaruh keputusan pembelian terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Pontianak, 3) pengaruh e-commerce shopee dan keputusan pembelian terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN pontianak.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian asosiatif dan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, dengan jumlah responden 84 orang yang di ambil dari mahasiswa angkatan 2021 dengan Program Studi Ekonomi Syariah di IAIN Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner yang diolah menggunakan SPSS 26.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel e-commerce shopee (X1) menunjukkan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 atau lebih kecil dari nilai tingkat singnifikansi 0,05 (0,000<0,05) yaitu yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara e-commerce shopee terhadap perilaku konsumtif. 2) variabel keputusan pembelian (X2) menunjukkan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 atau lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi yaitu 0,05 (0,000<0,05) yaitu yang berarti terdapat pengaruh antara keputusan pembelian terhadap perilaku konsumtif. 3) berdasarkan hasil simultan dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 atau lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi yaitu sebesar 0,05 (0,000<0,05) yaitu yang berarti terdapat pengaruh secara simultan antara variabel e-commerce shopee (X1) dan keputusan pembelian (X2) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Berdasarkan hasil koefisien determinasi yang menunjukkan nilai variabel e-commerce shopee dan keputusan pembelian yaitu sebesar 27,7% sedangkan sisanya 72,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. |
en_US |