Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Masyarakat Muslim Kepada Bank Syariah Terhadap Minat Setelah Merger Bank Syariah Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fachrurazi, Fachrurazi
dc.contributor.advisor Sabirin, Sabirin
dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.advisor Elisa, Ema
dc.contributor.author Ningsih, Tika Rahayu
dc.date.accessioned 2025-07-16T09:16:56Z
dc.date.available 2025-07-16T09:16:56Z
dc.date.issued 2024-05-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6852
dc.description.abstract Tika Rahayu Ningsih, 11907027 “Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Masyarakat Muslim Kepada Bank Syariah Terhadap Minat Setelah Merger Bank Syariah Indonesia. Program studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Tujuan dalam Penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan masyarakat Muslim kepada Bank Syariah teterhadap minat setelah merger Bank Syariah Indonesia. (2) Pengaruh pemahaman masyarakat Muslim kepada Bank Syariah terhadap minat setelah merger Bank Syariah Indonesia. (3) Pengaruh pengetahuan dan pemahaman masyarakat Muslim kepada Bank Syariah secara simultan terhadap minat setelah merger Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini masyarakat muslim yang ada di Kecamatan Pontianak Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling dan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner melalui Google Form kepada masyarakat Muslim Pontianak Timur. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Kemudian data diolah menggunakan SPSS Versi 21. Dalam penelitian ini Analisis datanya menggunakan analisis regresi linier berganda. Dan uji instrument datanya menggunakan uji validitas dan juga uji reliabilitas. Sedangkan untuk uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, multikolineritas, dan juga uji heteroskedastisitas. Dan dalam uji hipotesis menggunakan uji t (parsial/mandiri), uji f (simultan/bersamaan), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan masyarakat Muslim kepada Bank syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan Bank Syariah setelah merger Bank Syariah Indonesia. Karena diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,469 > 1,984) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). (2) Pemahaman masyarakat Muslim kepada Bank Syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan Bank Syariah setelah merger Bank Syariah Indonesia. Karena diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,983 > 1,984) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,004 < 0,05). (3) Pengetahuan dan Pemahaman masyarakat Muslim kepada Bank Syariah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan minat menggunakan Bank Syariah setelah merger Bank Syariah Indonesia. Karena diperoleh nilai F hitung 34,725 > F tabel 3,09 dan nilai sig 0,000 < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengetahuan en_US
dc.subject Pemahaman en_US
dc.subject Bank Syariah en_US
dc.subject minat en_US
dc.subject Merger Bank Syariah Indonesia en_US
dc.title Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Masyarakat Muslim Kepada Bank Syariah Terhadap Minat Setelah Merger Bank Syariah Indonesia en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account