RESILIENSI SISWA DALAM MEMBANGUN KESADARAN BERAGAMA YANG BERKOMITMEN KEBANGSAAN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDIKIA SAMBAS)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Pranata, Alvira
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Putri, Dhea Ananda
dc.date.accessioned 2025-07-16T06:48:26Z
dc.date.available 2025-07-16T06:48:26Z
dc.date.issued 2025-06-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6843
dc.description.abstract DHEA ANANDA PUTRI (12101119) Resiliensi Siswa Dalam Membangun Kesadaran Beragama yang Berkomitmen Kebangsaan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Sambas). Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Trbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa baru yang kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan asrama sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Sambas dengan pendidikan yang berbasis boarding school bagi siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian berdasarkan kerangka teori AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency sebagai berikut, (1) Adaptasi siswa MAN IC Sambas dalam membangun kesadaran beragama yang berkomitmen kebangsaan, (2) pencapaian tujuan siswa, (3) Integrasi siswa, dan (4) Latensi siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Sambas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari guru dan siswa. Peneliti menyimpulkan sebagai berikut, (1) Bekal dari sekolah sebelumnya dan bimbingan instensif dari guru meningkatkan adaptasi siswa (2) Tujuan yang ingin dicapai tidak hanya dalam unsur akademik, tetapi juga unsur agama dan kebangsaan, (3) Integrasi tidak hanya ibadah dan apel pagi, tetapi juga pada pembiasaan sikap saling menghormati, gotong royong, serta disiplin, dan (4) Latensi siswa MAN IC Sambasterlihat bagaimana nilai keagamaan dan kebangsaan tidak hanya diajarkan, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari hari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Resiliensi en_US
dc.subject Kesadaran Beragama en_US
dc.subject Komitmen Kebangsaan en_US
dc.title RESILIENSI SISWA DALAM MEMBANGUN KESADARAN BERAGAMA YANG BERKOMITMEN KEBANGSAAN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDIKIA SAMBAS) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account