Pengembangan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual Pada Kurikulum Merdeka Kelas 11 Di SMK Negeri 4 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Sukino, Arief
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.author Aulia, Dina
dc.date.accessioned 2025-07-15T02:52:04Z
dc.date.available 2025-07-15T02:52:04Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6818
dc.description.abstract DINA AULIA, NIM. 22341001. Pengembangan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual pada Kurikulum Merdeka Kelas 11 di SMK Negeri 4 Pontianak. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis kontekstual sesuai dengan Kurikulum Merdeka bagi peserta didik kelas 11 di SMK Negeri 4 Pontianak. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar peserta didik serta kurangnya minat dalam pembelajaran PAI yang masih bersifat teoritis dan kurang relevan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Pontianak. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 11 dan objek penelitian ini yaitu modul ajar. Teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, observasi, dan tes hasil belajar. Adapun analisis data dalam penelitian ini yakni dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pada hasil analisis kebutuhan menunjukkan 76% peserta didik menginginkan pembelajaran PAI yang lebih aplikatif dan kontekstual. 2) Selanjutnya proses design yaitu modul ajar yang dirancang tertuang dalam bentuk tulisan dan disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka. 3) Modul yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dan kelayakan dengan skor persentase sebesar 97%. 4) Implementasi modul pada kelompok kecil dan besar menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan hasil belajar peserta didik terhadap materi PAI. Adapun kelompok kecil berjumlah 8 orang dinyatakan sangat baik. Sedangkan pada kelompok besar, perhitungan tes menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yakni di kelas eksperimen memiliki peningkatan dari nilai pre test ke post test yakni sebesar 10,19. Sedangkan di kelas kontrol sebesar 5,45. 5) Pada tahap evaluasi, dari hasil perhitungan CVR menunjukkan tes layak untuk digunakan (valid). Pada uji normalitas dilakukan dengan uji nonparametric yakni dengan uji Wilcoxon dan pada uji sampel bebas dilakukan uji Man-Whitney U Test. Kesimpulan dari penelitian ini secara umum yaitu bahwa modul ajar yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan karena telah melalui beberapa tahapan dan menunjukkan hasil yang baik yakni dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Modul Ajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pembelajaran Kontekstual en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.title Pengembangan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual Pada Kurikulum Merdeka Kelas 11 Di SMK Negeri 4 Pontianak en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account