Penggunaan Media Audio Visual Aplikasi Inshot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Kelas III SDN 12 Nanga Semangut

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author Putri, Meilani Wahyu
dc.date.accessioned 2025-07-14T08:03:07Z
dc.date.available 2025-07-14T08:03:07Z
dc.date.issued 2024-02-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6810
dc.description.abstract Meilani Wahyu Putri (11901316). Penggunaan Media Audio Visual Aplikasi Inshot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Kelas III SDN 12 Nanga Semangut. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024. Penelitian ini dalam meningkatkan hasil belajar didasarkan adanya masalah yang berdasarkan dengan kondisi proses KBM di kelas III SDN 12 Nanga Semangut. Penelitian ini memiliki 4 tujuan: satu, untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual aplikasi inshot pada mata pelajaran PAI kelas III SDN 12 Nanga Semangut; kedua, untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam menggunakan media audio visual aplikasi inshot pada mata pelajaran PAI kelas III SDN 12 Nanga Semangut; ketiga, untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sesudah menggunakan media audio visual aplikasi inshot pada mata pelajaran PAI kelas III SDN 12 Nanga Semangut; dan keempat, untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas III SDN 12 Nanga Semangut sebelum dan setelah penggunaan media audio visual berbasis aplikasi inshot. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Dasar Negeri 12 Nanga Semangut, dengan subjek penelitian yakni siswa kelas III SDN 12 Nanga Semangut. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi, pengukuran tes dan dokumentasi dengan alat pengumpul data adalah lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: satu, hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual aplikasi inshot terbilang masih rendah dengan persentase ketuntasan hanya 8,33% dengan perolehan nilai 74. Nilai rata-rata kelas yakni 61,83 kurang jauh dari standar nilai KKM 70. Dua, langkah guru dalam menggunakan media audio visual aplikasi inshot sudah sesuai dengan panduan yang terverifikasi. Dimulai dari mempersiapkan materi yang sesuai dengan media yang digunakan yakni media audio visual aplikasi inshot, dikarenakan tidak semua materi pembelajaran akan sesuai dengan media pembelajaran. Tiga, hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual aplikasi inshot sudah cukup baik dengan persentase nilai di atas KKM sebanyak 83,33% dengan perolehan nilai tertinggi 100. Nilai rata-rata kelas yakni 79,17 sudah berada di atas KKM 70. Empat, peningkatan hasul belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media audio visual aplikasi inshot terbilang cukup tinggi dengan persentase ketuntasan yang meningkat dari 33,33% ke 83,33% dengan nilai rata-rata yang sebelum menggunakan media audio visual aplikasi inshot yakni 58,33 naik ke 791,7. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Meningkatkan Hasil Belajar en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.subject Inshot en_US
dc.title Penggunaan Media Audio Visual Aplikasi Inshot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Kelas III SDN 12 Nanga Semangut en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account