dc.description.abstract |
Meilani Wahyu Putri (11901316). Penggunaan Media Audio Visual
Aplikasi Inshot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Kelas III SDN 12 Nanga
Semangut. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024.
Penelitian ini dalam meningkatkan hasil belajar didasarkan adanya masalah
yang berdasarkan dengan kondisi proses KBM di kelas III SDN 12 Nanga
Semangut. Penelitian ini memiliki 4 tujuan: satu, untuk mendeskripsikan hasil
belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual aplikasi inshot pada mata
pelajaran PAI kelas III SDN 12 Nanga Semangut; kedua, untuk mendeskripsikan
langkah-langkah guru dalam menggunakan media audio visual aplikasi inshot pada
mata pelajaran PAI kelas III SDN 12 Nanga Semangut; ketiga, untuk
mendeskripsikan hasil belajar siswa sesudah menggunakan media audio visual
aplikasi inshot pada mata pelajaran PAI kelas III SDN 12 Nanga Semangut; dan
keempat, untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas III SDN
12 Nanga Semangut sebelum dan setelah penggunaan media audio visual berbasis
aplikasi inshot.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan,
(3) Pengamatan, (4) Refleksi. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Dasar Negeri
12 Nanga Semangut, dengan subjek penelitian yakni siswa kelas III SDN 12 Nanga
Semangut. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi,
pengukuran tes dan dokumentasi dengan alat pengumpul data adalah lembar
observasi, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: satu, hasil
belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual aplikasi inshot terbilang
masih rendah dengan persentase ketuntasan hanya 8,33% dengan perolehan nilai
74. Nilai rata-rata kelas yakni 61,83 kurang jauh dari standar nilai KKM 70. Dua,
langkah guru dalam menggunakan media audio visual aplikasi inshot sudah sesuai
dengan panduan yang terverifikasi. Dimulai dari mempersiapkan materi yang
sesuai dengan media yang digunakan yakni media audio visual aplikasi inshot,
dikarenakan tidak semua materi pembelajaran akan sesuai dengan media
pembelajaran. Tiga, hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual
aplikasi inshot sudah cukup baik dengan persentase nilai di atas KKM sebanyak
83,33% dengan perolehan nilai tertinggi 100. Nilai rata-rata kelas yakni 79,17
sudah berada di atas KKM 70. Empat, peningkatan hasul belajar siswa sebelum dan
setelah menggunakan media audio visual aplikasi inshot terbilang cukup tinggi
dengan persentase ketuntasan yang meningkat dari 33,33% ke 83,33% dengan nilai
rata-rata yang sebelum menggunakan media audio visual aplikasi inshot yakni
58,33 naik ke 791,7. |
en_US |