PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN QUR’AN NURUL IMAN NANGA JETAK SINTANG TAHUN 2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.author Aulia, Dita
dc.date.accessioned 2025-07-14T03:58:03Z
dc.date.available 2025-07-14T03:58:03Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.citation APA (American Psyhological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6802
dc.description.abstract Dita Aulia. 12101148. Penerapan Metode Iqro’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah di Lembaga Pendidikan Qur’an Nurul Iman. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024/2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan huruf hijaiyah sebagai dasar utama dalam membaca Al-Qur’an. Di LPQ Nurul Iman, metode Iqro’ sudah digunakan sebagai penerapan pembelajaran huruf hijaiyah, Namun masih terdapat kesalahan peserta didik hanya mengenal suara bunyi tetapi ketika dipraktekan sulit membedakan huruf-huruf serta mengenal huruf-huruf tertentu. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merinci 1) Penguasaan guru terhadap metode Iqro’ di LPQ Nurul Iman, 2) Langkah-langkah penggunaan metode Iqro’, dan 3) Hasil penguasaan peserta didik terhadap huruf hijaiyah setelah diterapkannya metode Iqro’. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di LPQ Nurul Iman. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru memiliki penguasaan yang baik terhadap sistematika buku Iqro’ dan mampu menyesuaikan pengajaran dengan tingkat kemampuan peserta didik. 2) Langkah-langkah penggunaan metode Iqro’ dilakukan secara sistematis, seperti menyimak bacaan peserta didik, memberikan contoh, mengoreksi kesalahan secara lembut, serta membimbing secara individual. 3) Peserta didik menunjukkan perkembangan yang positif dalam mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah, meskipun masih ditemukan beberapa kesulitan dalam membedakan huruf yang mirip dan dalam pelafalan mad. Namun secara umum, metode Iqro’ terbukti efektif dalam mengenalkan huruf hijaiyah secara bertahap dan menyenangkan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Iqro' en_US
dc.subject Huruf Hijaiyah en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN QUR’AN NURUL IMAN NANGA JETAK SINTANG TAHUN 2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account