PENGARUH PENGGUNAAN METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VII SMPN 17 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author RITYA, HANISA
dc.date.accessioned 2025-07-14T02:37:17Z
dc.date.available 2025-07-14T02:37:17Z
dc.date.issued 2025-06-23
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6795
dc.description.abstract Hanisa Ritya (12101138) Pengaruh Penggunaan Metode Think Pair Share Terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VII SMPN 17 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitan ini bertujuan umtuk (1) Mengetahui Penggunaan metode Think Pair Share (2) Mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas VII. (3) Untuk melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Think Pair Share terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMPN 17 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 17 Pontianak yang populasinya berjumlah 29 dan semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan analisis regresi linier sederhana. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Penggunaan metode Think Pair Share diterapkan dalam proses pembelajaran, metode Think Pair Share yang meliputi berpikir (think), berpasangan (pair), dan berbagi (share) dalam proses pembelajaran menggunakan metode Think Pair Share siswa lebih cenderung terdorong terutama pada tahap Think mereka dapat terbantu untuk memahami konsep awal sebelum memulai diskusi dan berpikir secara mandiri untuk menjawab pertanyaan dari guru. (2) Aktivitas yang diamati meliputi Aktivitas Melihat (80%), Aktivitas Lisan (74%), Aktivitas Mendengar (83%), Aktivitas Menulis (82%), Aktivitas Mental (79%), dan Aktivitas Emosional (71%). Berdasarkan seluruh aspek aktivitas belajar siswa dalam penggunaan metode Think Pair Share dapat dikategorikan aktif dengan rata-rata yang didapatkan yakni 78%, dari keseluruhan aktivitas yang dilakukan oleh siswa hampir sepenuhnya optimal terutama dalam aktivitas mendengar sedangkan yang lainya sudah tergolong baik. (3) Hasil dari analisis korelasi regresi linier sederhana diperolehlah nilai signifikansi 0,007 yang mana lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Think Pair Share terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Hasil penelitian pengaruh metode Think Pair Share (X) terhadap aktivitas belajar (Y) siswa diperoleh dengan tingkat 0,488 atau 48,8% dalam artian pengaruh metode Think Pair Share (X) terhadap aktivitas belajar (Y) siswa memberikan kontribusi yang sedang. Metode ini bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kolaboratif, sehingga mendorong keterlibatan siswa secara menyeluruh dalam proses pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Think Pair Share en_US
dc.subject Aktivitas belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VII SMPN 17 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account