UPAYA PENGASUH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PESANTREN RAUDLATUL ULUM PARIT SURABAYA DESA PASAK KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Huzeiri, Risqi
dc.date.accessioned 2025-07-14T01:35:31Z
dc.date.available 2025-07-14T01:35:31Z
dc.date.issued 2025-06-19
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6791
dc.description.abstract Risqi Huzeiri, Upaya Pengasuh Dalam Pengembangan Pendidikan Pesantren Raudlatul Ulum Parit Surabaya Desa Pasak Kecamatan Ambawang Kubu Raya, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Pontianak. 2025 Didasarkan pada pentingnya peran pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang tidak hanya berfungsi sebagai pusat pembelajaran agama, tetapi juga sebagai wadah pembentukan karakter dan pengembangan masyarakat. Dalam konteks pendidikan, Kyai Hanafi hadir sebagai figur pemimpin yang visioner dengan menggabungkan nilai-nilai tradisional pesantren dan inovasi pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman. Metode yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan Kyai Hanafi, ustadz, santri, serta dokumentasi terkait kebijakan dan program pendidikan pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Kyai Hanafi dalam pengembangan pendidikan pesantren mencakup beberapa aspek utama, yaitu, pendekatan personal langsung kepada masyarakat untuk membangun kepercayaan dan dukungan sosial, integrasi kurikulum antara ilmu agama (kitab kuning) dan ilmu umum sesuai standar nasional, penerapan metode pembelajaran partisipatif seperti diskusi kelompok, presentasi santri, penguatan sarana prasarana dan lingkungan belajar yang kondusif, serta pemberdayaan alumni dan jejaring mitra untuk meningkatkan mutu lulusan. Faktor pendukung utama dalam keberhasilan strategi ini adalah komitmen kuat Kyai Hanafi sebagai qudwah hasanah, dukungan masyarakat, partisipasi aktif alumni, dan kerja sama dengan pemerintah daerah. Meski demikian, pesantren juga menghadapi sejumlah tantangan, terutama keterbatasan sumber daya manusia dan pendanaan. Namun, dengan kepemimpinan transformasional yang dimiliki Kyai Hanafi, hambatan tersebut dapat dikelola secara efektif melalui pemanfaatan potensi internal dan eksternal pesantren. Hasil penelitian ini juga memberikan kontribusi penting bagi pemahaman tentang model pengembangan pendidikan pesantren yang berkelanjutan dan adaptif di tengah dinamika globalisasi. Strategi Kyai Hanafi dapat menjadi inspirasi bagi pesantren-pesantren lain dalam menjaga identitas keislaman sekaligus meningkatkan daya saing lulusannya di era modern. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya en_US
dc.subject Pengasuh en_US
dc.subject Pengembangan Pendidikan Pesantren en_US
dc.title UPAYA PENGASUH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PESANTREN RAUDLATUL ULUM PARIT SURABAYA DESA PASAK KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account