PERAN GURU AKIDAH AKHLAK PADA PROSES PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VI DI MI AL-MAARIF WAJOK HILIR KECAMATAN JONGKAT KABUPATEN MEMPAWAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author Hendra, Hendra
dc.date.accessioned 2025-07-14T01:15:38Z
dc.date.available 2025-07-14T01:15:38Z
dc.date.issued 2025-05-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6790
dc.description.abstract HENDRA. 12001270. Peran Guru Aqidah Akhlak pada Proses Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VI di MI Al-Ma’arif Wajok Hilir Tahun Pelajaran 2023/2024 Pembentukan akhlak siswa merupakan aspek fundamental dalam pendidikan Islam. Namun, masih ditemukan siswa yang menunjukkan perilaku kurang baik, seperti tidak disiplin, kurang sopan, dan sulit diarahkan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja peran guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam pembentukan akhlak siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif Wajok Hilir Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Apa saja metode yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlak dalam proses pembentukan akhlak siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif Wajok Hilir Tahun Pelajaran 2024/2025? 3) Apa saja faktor penghambat yang dihadapi oleh guru Aqidah Akhlak dalam proses pembentukan akhlak siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif Wajok Hilir Tahun Pelajaran 2024/2025? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan akhlak siswa kelas VI di MI Al-Ma’arif Wajok Hilir. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan adalah 1) Reduksi data 2) Penyajian data 3) Penarikan Kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak dan siswa kelas VI MI Al-Ma’arif Wajok Hilir. Hasil penelitian adalah 1) Guru berperan sebagai pendidik, pembimbing, dan teladan dalam pembentukan akhlak siswa. 2) Metode yang digunakan meliputi pembelajaran interaktif, keteladanan, penanaman nilai-nilai Islam, dan pengawasan langsung. 3) Faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, pengaruh lingkungan luar sekolah, kurangnya dukungan orang tua, dan terbatasnya sumber daya pendukung. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Aqidah Akhlak en_US
dc.subject Pembentukan Akhlak en_US
dc.subject Siswa kelas Vl en_US
dc.subject MI Al-Ma'arif Wajok Hilir en_US
dc.title PERAN GURU AKIDAH AKHLAK PADA PROSES PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VI DI MI AL-MAARIF WAJOK HILIR KECAMATAN JONGKAT KABUPATEN MEMPAWAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account