Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Anak di TPA Hafizul Azmi Desa Sungai Besar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author Cahyani, Regita
dc.date.accessioned 2025-07-10T06:38:53Z
dc.date.available 2025-07-10T06:38:53Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6784
dc.description.abstract REGITA CAHYANI, Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Anak di TPA Hafizul Azmi Desa Sungai Besar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kuburaya:Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal peneliti mengenai bahwa anak-anak di usia 6-12 tahun, khususnya anak-anak yang mengikuti pendidikan di TPA Hafizhul Azmi, banyak diantara mereka yang menyakiti teman-temannya dan mengeluarkan perkataan-perkataan yang tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran guru dalam pembinaan akhlak anak terhadap teman di TPA Hafizul Azmi Desa Sungai Besar Kabupaten Kubu Raya, 2) Mengetahui metode yang digunakan oleh guru dalam pembinaan akhlak anak terhadap teman di TPA Hafizul Azmi Desa Sungai Besar Kabupaten Kubu Raya, 3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak anak terhadap teman di TPA Hafizul Azmi Desa Sungai Besar Kabupaten Kubu Raya. TPA Hafizul Azmi tidak hanya mengajarkan membaca dan menulis Al-Qur’an saja namun juga melakukan pembinaan akhlak anak, lebih khusus akhlak anak terhadap teman yang didalamnya terdapat peran guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dari adanya pembinaan akhlak anak terhadap teman guna memperbaiki tindak tanduk sebagai calon guru Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini terdiri dari triangulasi dan member check. Jenis penelitian ini adalah studi kasus jumlah responden dalam penelitian ini adalah empat ustadzah yang mengajar di TPA Hafizul Azmi. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa peran Guru dalam pembinaan akhlak anak terhadap teman TPA Hafizul Azmi Desa Sungai Besar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya sudah berjalan dengan baik yaitu dengan cara guru berperan dalam mengajar, mendidik, membimbing, memberi motivasi dan mengevaluasi. Dan juga memberikan contoh teladan, membiasakan anak berakhlakul karimah memberikan nasihat dan memberikan kisah-kisah. Yang mana dengan peran-peran tersebut menjadikan anak-anak di TPA Hafizul Azmi memiliki akhlak yang baik terhadap teman. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Pembinaan Akhlak Anak en_US
dc.title Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Anak di TPA Hafizul Azmi Desa Sungai Besar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account