PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI KELAS B2 DI TK ISLAM HARAPAN INDAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author Yani, Nurdiya Afril
dc.date.accessioned 2025-07-10T04:26:41Z
dc.date.available 2025-07-10T04:26:41Z
dc.date.issued 2025-06-04
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6782
dc.description.abstract Nurdiya Afril Yani. 11911013, Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di Kelas B2 TK Islam Harapan Indah Pontianak. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi, masih adanya guru yang belum mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Adapun Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Mendeskripsikan kemampuan berbahasa anak usia dini kelas B2 TK Islam Harapan Indah Pontianak 2) Mendeskripsikan penerapan metode bercerita anak usia dini kelas B2 TK Islam Harapan Indah Pontianak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menerapkan prosedur, penelitian pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Islam Harapan Indah penelitian ini menyimpulkan: 1) Meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak hendaknya, harus dipersiapkan yaitu guru memilih tema yang sesuai tahap dan perkembangan anak. Dalam kegiatan proses belajar sudah menjadi tuntutan bahwasanya guru harus menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik, karena dengan anak-anak akan melatih perkembangan berbahasa dan keingintahuan yang tinggi, kefokusan anak kesabaran anak, keaktifan anak. Karena dengan,anak-anak akan melatih berbahasanya. 2) Metode bercerita dapat meningkatkan secara lisan serta yang digunakan oleh guru harus menarik, dapat dipahami anak, dan berkaitan dengan kehidupan anak. Sehingga siswa dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan berbahasa en_US
dc.subject Metode bercerita en_US
dc.subject Anak usia dini en_US
dc.title PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI KELAS B2 DI TK ISLAM HARAPAN INDAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account