dc.description.abstract |
Muhammad Zibi Alifiqri, Penggunaan Media Pembelajaran Games Kahoot
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI BP Materi
Ekonomi Islam di SMA Negeri 3 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Progam Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, penggunaan media
pembelajaran games kahoot pada mata pelajaran PAI BP materi ekonomi Islam.
Kedua, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI BP materi ekonomi
Islam. Ketiga, pengaruh hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dengan kelas
eksperimen pada mata pelajaran PAI BP materi ekonomi Islam kelas XI SMA
Negeri 3 Pontianak tahun ajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah
metode Quasi-Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group
Design. Lokasi penelitian ini bertempat di SMA Negeri 3 Pontianak dengan sumber
data yaitu 122 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar
observasi, tes objektif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis instrumen data (validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya
pembeda), analisis deskriptif (mean dan presentase), analisis pengaruh (uji
normalitas, homogenitas dan analisis regresi linear sederhana).
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama,
penggunaan media pembelajaran games kahoot terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran PAI BP materi ekonomi Islam di SMA Negeri Pontianak tahun
ajaran 2023/2024 telah terlaksana dengan nilai 95. Kedua, hasil belajar mata
pelajaran PAI BP materi ekonomi Islam pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3
Pontianak yaitu kelas eksperimen kelas XI IPA 3 memiliki nilai rata-rata pretest
76,09 dan nilai rata posttest 82, maka terdapat peningkatan dari data pretest ke
posttest sebesar 5,91%. kelas XI IPA 6 memiliki nilai rata-rata pretest 74,65 dan
nilai rata posttest 80,55 maka terdapat peningkatan dari data pretest ke posttest
sebesar 5,9%. Adapun nilai kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 3 memiliki nilai rata
rata pretest 76,09 dan nilai rata posttest 82, maka terdapat peningkatan dari data
pretest ke posttest sebesar 5,91%. Kelas XI IPA 6 memiliki nilai rata-rata pretest
74,65 dan nilai rata posttest 80,55 maka terdapat peningkatan dari data pretest ke
posttest sebesar 5,9%.Ketiga, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
penggunaan media pembelajaran games kahoot terhadap hasil belajar peserta didik
kelas XI SMA Negeri 3 Pontianak tahun ajaran 2023/2024, hal ini dibuktikan dari
uji F simultan yang ditampilkan memperlihatkan tingkat signifikansi 0,94b > 0,05
maka H0 diterima. |
en_US |