Penggunaan Media Pembelajaran Games Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI BP Materi Ekonomi Islam di SMA Negeri 3 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.author Alifiqri, Muhammad Zibi
dc.date.accessioned 2025-07-10T02:53:52Z
dc.date.available 2025-07-10T02:53:52Z
dc.date.issued 2023-11-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6775
dc.description.abstract Muhammad Zibi Alifiqri, Penggunaan Media Pembelajaran Games Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI BP Materi Ekonomi Islam di SMA Negeri 3 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Progam Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, penggunaan media pembelajaran games kahoot pada mata pelajaran PAI BP materi ekonomi Islam. Kedua, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI BP materi ekonomi Islam. Ketiga, pengaruh hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada mata pelajaran PAI BP materi ekonomi Islam kelas XI SMA Negeri 3 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Lokasi penelitian ini bertempat di SMA Negeri 3 Pontianak dengan sumber data yaitu 122 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes objektif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen data (validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda), analisis deskriptif (mean dan presentase), analisis pengaruh (uji normalitas, homogenitas dan analisis regresi linear sederhana). Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, penggunaan media pembelajaran games kahoot terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI BP materi ekonomi Islam di SMA Negeri Pontianak tahun ajaran 2023/2024 telah terlaksana dengan nilai 95. Kedua, hasil belajar mata pelajaran PAI BP materi ekonomi Islam pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pontianak yaitu kelas eksperimen kelas XI IPA 3 memiliki nilai rata-rata pretest 76,09 dan nilai rata posttest 82, maka terdapat peningkatan dari data pretest ke posttest sebesar 5,91%. kelas XI IPA 6 memiliki nilai rata-rata pretest 74,65 dan nilai rata posttest 80,55 maka terdapat peningkatan dari data pretest ke posttest sebesar 5,9%. Adapun nilai kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 3 memiliki nilai rata rata pretest 76,09 dan nilai rata posttest 82, maka terdapat peningkatan dari data pretest ke posttest sebesar 5,91%. Kelas XI IPA 6 memiliki nilai rata-rata pretest 74,65 dan nilai rata posttest 80,55 maka terdapat peningkatan dari data pretest ke posttest sebesar 5,9%.Ketiga, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran games kahoot terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pontianak tahun ajaran 2023/2024, hal ini dibuktikan dari uji F simultan yang ditampilkan memperlihatkan tingkat signifikansi 0,94b > 0,05 maka H0 diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Pembelajaran Games Kahoot en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penggunaan Media Pembelajaran Games Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI BP Materi Ekonomi Islam di SMA Negeri 3 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account