Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SDN 09 Tanjung Merpati

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author Mahmudah, Rifa A’tul
dc.date.accessioned 2025-07-10T02:39:19Z
dc.date.available 2025-07-10T02:39:19Z
dc.date.issued 2023-11-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6773
dc.description.abstract RIFA A’TUL MAHMUDAH, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SDN 09 Tanjung Merpati. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi pembelajaran mengenal nama Allah dan kitab-kitabNYA d kelas V SDN 09 Tanjung Merapati ; 2) Hasil belajar siswa kelas dari penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick Pada materi Mengenal Nama Allah dan kitab kitab Nya dikelas V SDN 09 Tanjung Merpati; 3) pengaruh positif yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick Pada materi mengenal nama Allah dan kitab-kitabNya dikelas V SDN 09 Tanjung Merpati. Penelitian ini termasuk kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Sampel kelas kontrol 16 siswa kelas V A dan kelas eksperimen 16 siswa kelas V B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Instrumen untuk mengumpulkan data yang dipergunakan berbentuk tes pilihan ganda dan essay, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sedaerhana sebelumnya dilakukan uji prasyarat terhadap instrument dengan uji normalitas, uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan kesimpulan: (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan materi Mengenal Allah Swt: Al- Mummit, Al- Hayyu, Al- Qayyum dan Al- Ahad di kelas V SDN 09 Tanjung Merpati sebesar 94% telah dilakukan oleh guru; (2) Hasil pretest kelompok kontrol mean sebesar 43,13 dan postest sebesar 63,13, dengan nilai minimum pretst 25 dan nilai maksimum 65 serta posttest nilai minimum pretst 50 dan nilai maksimum 75. Sedangkan pretest kelompok eksperimen mean sebesar 50,31 dan postest sebesar 80 dengan nilai minimum pretst 35 dan nilai maksimum 65 serta posttest nilai minimum pretest 60 dan nilai maksimum 95 pada siswa kelas V SDN 09 Tanjung Merpati; (3) Uji t diperoleh thitung sebesar 6,476 selanjutnya ttabel sebesar 1,761 yang artinya thitung 6,476 > ttabel 1,761 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SDN 09 Tanjung Merpati. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kooperarif Tipe Talking Stick en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SDN 09 Tanjung Merpati en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account