dc.description.abstract |
RIFA A’TUL MAHMUDAH, Pengaruh Penggunaan Model
Pembelajaran Kooperarif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SDN 09 Tanjung Merpati. Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi pembelajaran
mengenal nama Allah dan kitab-kitabNYA d kelas V SDN 09 Tanjung
Merapati ; 2) Hasil belajar siswa kelas dari penerapan model pembelajaran
Kooperatif tipe Talking Stick Pada materi Mengenal Nama Allah dan kitab
kitab Nya dikelas V SDN 09 Tanjung Merpati; 3) pengaruh positif yang
signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick
Pada materi mengenal nama Allah dan kitab-kitabNya dikelas V SDN 09
Tanjung Merpati.
Penelitian ini termasuk kuantitatif dengan jenis penelitian quasi
experiment. Sampel kelas kontrol 16 siswa kelas V A dan kelas eksperimen
16 siswa kelas V B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Instrumen untuk
mengumpulkan data yang dipergunakan berbentuk tes pilihan ganda dan
essay, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan
analisis regresi linier sedaerhana sebelumnya dilakukan uji prasyarat terhadap
instrument dengan uji normalitas, uji homogenitas.
Berdasarkan hasil analisis data dengan kesimpulan: (1) Penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PAI dengan materi Mengenal Allah Swt: Al- Mummit,
Al- Hayyu, Al- Qayyum dan Al- Ahad di kelas V SDN 09 Tanjung Merpati
sebesar 94% telah dilakukan oleh guru; (2) Hasil pretest kelompok kontrol
mean sebesar 43,13 dan postest sebesar 63,13, dengan nilai minimum pretst
25 dan nilai maksimum 65 serta posttest nilai minimum pretst 50 dan nilai
maksimum 75. Sedangkan pretest kelompok eksperimen mean sebesar 50,31
dan postest sebesar 80 dengan nilai minimum pretst 35 dan nilai maksimum
65 serta posttest nilai minimum pretest 60 dan nilai maksimum 95 pada siswa
kelas V SDN 09 Tanjung Merpati; (3) Uji t diperoleh thitung sebesar 6,476
selanjutnya ttabel sebesar 1,761 yang artinya thitung 6,476 > ttabel 1,761 dengan
taraf signifikansi 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V
SDN 09 Tanjung Merpati. |
en_US |