dc.description.abstract |
YULY ERVIRA, Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap
Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam SDN 08 Pontianak Selatan Tahun Ajaran
2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan sistem
pembelajaran tatap muka terbatas di SDN 08 Pontianak Selatan, (2) Untuk
mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh siswa kelas IV pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 08 Pontianak Selatan, (3) Untuk mengetahui
besar pengaruh sistem pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar
siswa kelas IV di SDN 08 Pontianak Selatan.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
Korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas IV dengan
Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis
sampling jenuh. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik
komunikasi tidak langsung. Instrumen untuk mengumpulkan data menggunakan
lembar observasi dan tes pilihan ganda. Proses analisis data dengan menggunakan
uji instrumen, uji analisis deskriptif, uji prasayarat analisis, dan uji hipotesis
(Regresi Linier Sederhana) menggunakan program SPSS Versi 26.
Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Berdasarkan hasil pengamatan
pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SDN 08 Pontianak Selatan
khususnya pada siswa kelas IV, penerapan pembelajaran tatap muka di sekolah
dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Sistem pembelajaran yang
dilaksanakan harus memperhatikan protokol kesehatan dan merumuskan rencana
kegiatan pembelajaran serta sarana prasarana pendukung pelaksanaan
pembelajaran. (2) Hasil belajar tatap muka terbatas siswa kelas IV pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 08 Pontianak Selatan rata-rata nilai
sebesar 81.13 dengan standar deviasi sebesar 2,764 dimana nilai tertinggi berada
pada interval 82-89 dan 90 - 100 masing-masing sebanyak 10 siswa dengan
persentase 33% dan kriterium ketuntasan 80% berada dalam kategori “Baik”. (3)
Hasil uji hipotesis diketahui rhitung 0,791 > rtabel 0,361 dengan taraf signifikansi
sebesar 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk mengetahui besar
variabel pembelajaran tatap muka terbatas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
kelas IV di SDN 08 Pontianak Selatan dapat dilihat pada nilai R square sebesar
0,62,6 atau 62,6%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang
signifikan antara pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar siswa
kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 08 Pontianak
Selatan sebesar 62,6%. |
en_US |