Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN 08 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Ervira, Yuly
dc.date.accessioned 2025-07-10T02:07:06Z
dc.date.available 2025-07-10T02:07:06Z
dc.date.issued 2023-11-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6770
dc.description.abstract YULY ERVIRA, Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam SDN 08 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan sistem pembelajaran tatap muka terbatas di SDN 08 Pontianak Selatan, (2) Untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 08 Pontianak Selatan, (3) Untuk mengetahui besar pengaruh sistem pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN 08 Pontianak Selatan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas IV dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik komunikasi tidak langsung. Instrumen untuk mengumpulkan data menggunakan lembar observasi dan tes pilihan ganda. Proses analisis data dengan menggunakan uji instrumen, uji analisis deskriptif, uji prasayarat analisis, dan uji hipotesis (Regresi Linier Sederhana) menggunakan program SPSS Versi 26. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Berdasarkan hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SDN 08 Pontianak Selatan khususnya pada siswa kelas IV, penerapan pembelajaran tatap muka di sekolah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Sistem pembelajaran yang dilaksanakan harus memperhatikan protokol kesehatan dan merumuskan rencana kegiatan pembelajaran serta sarana prasarana pendukung pelaksanaan pembelajaran. (2) Hasil belajar tatap muka terbatas siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 08 Pontianak Selatan rata-rata nilai sebesar 81.13 dengan standar deviasi sebesar 2,764 dimana nilai tertinggi berada pada interval 82-89 dan 90 - 100 masing-masing sebanyak 10 siswa dengan persentase 33% dan kriterium ketuntasan 80% berada dalam kategori “Baik”. (3) Hasil uji hipotesis diketahui rhitung 0,791 > rtabel 0,361 dengan taraf signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk mengetahui besar variabel pembelajaran tatap muka terbatas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN 08 Pontianak Selatan dapat dilihat pada nilai R square sebesar 0,62,6 atau 62,6%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 08 Pontianak Selatan sebesar 62,6%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembelajaran Tatap Muka Terbatas en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN 08 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account