dc.description.abstract |
Nurdiana,Fungsi media audio visual dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti
di SMP Negeri 29 Pontianak. Skripsi, Pontianak: Jurusan Pendidikan Agama
Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilamu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2023
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fungsi media audio visual dalam
pembelajaran PAI dan budi pekerti dengan sub-sub pembahasan sebagai berikut:
pertama, Untuk mendeskripsikan fungsi media audio visual dalam pembelajaran
PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 29 Pontianak ; kedua, mendeskripsikan
faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam penggunaan media
pembelajaran audio visual di SMP Negeri 29 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis
menggunakan deskriptif karena penelitian ini hanya bertujuan untuk
menggambarkan atau mendeskripsikan fakta di lapangansecara objektif sesuai
kebituhan penulis secara apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa: observasi, wawancara,dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data
yang digunakan berupa; kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan Teknik keabsahan data berupa triagulasi, member chek,
dan perpanjang waktu penelitian.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan
bahwa: pertama, Fungsi media audio visual dalam pembelajaran PAI dan budi
pekerti te i
rdiri dari 7 poin yaitui
me i
ndorong capaian pe i
nge i
tahui
an, me i
nstimui
lasi
ke i
ingin tahui
an, e i
ksplorasi, me i
mbangui
n motivasi, me i
ndorong pe i
rcaya diri,
kope i
te i
nsi dan pe i
nge i
mbangan pe i
nge i
lolaan diri. Dari 7 poin ini yang dapat
te i
rlaksana di SMP Ne i
ge i
ri 29 Pontianak ole i
h gui
rui
PAI dan budi pekerti yaitui
me i
ndorong capaian pe i
nge i
tahui
an, me i
nstimui
lasi ke i
ingin tahui
an, me i
ndorong
pe i
rcaya diri, dan kope i
te i
nsi. Maka fungsi media audio visual dalam pembelajaran
PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 29 Pontianak cukup berfungsi dengan baik,
walaupun ada beberapa hal yang mesti ditingkatkan lagi. Faktor pe i
ndui
kui
ng dan
pe i
nghambat gui
rui
PAI dan budi pekerti dalam me i
nggui
nakan me i
dia pe i
mbe i
lajaran
aui
dio visui
al di SMP Ne i
ge i
ri 29 Pontianak, yang me i
njadi faktor pe i
ndui
kui
ng gui
rui
PAI dalam me i
nggui
nakan me i
dia aui
dio visui
al di SMP Ne i
ge i
ri 29 Pontianak adalah
pe i
makaiannya tidak me i
mbosankan, hasilnya le i
bih mui
dah ui
ntui
k dipahami dan
informasi yang dite i
rima le i
bih je i
las dari tiga poin ini satui
yang be i
lui
m cui
kui
p
te i
rlaksana yaitui
pe i
makaiannya tidak me i
mbosankan. Se i
dangkan yang me i
njadi
faktor pe i
nghambat gui
rui
PAI dalam budi pekerti me i
nggui
nakan me i
dia
pe i
mbe i
lajaran aui
dio visui
al di SMP Ne i
ge i
ri 29 Pontianak adalah sui
ara te i
rkadang
tidak je i
las, pe i
laksanaanya me i
me i
rlui
kan waktui
yang cui
kui
p lama se i
rta sarana dan
prasarana yang tidak me i
ndui
kui
ng. |
en_US |