dc.description.abstract |
Mardiah Autia Putri. Analisis Usaha Ayam Potong di Pasar Tradisional YUKA Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) mekanisme usaha di pasar Tradisional Yuka 2) aspek penjualan ayam potong di Pasar Tradisional Yuka 3) menganalisis perilaku pedagang ayam potong di pasar tradisional Yuka dari perspektif etika bisnis Islam.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui sejauh mana prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti tauhid, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan diterapkan dalam aktivitas usaha pedagang.
Berdasarkan hasil penelitian 1) mekanisme usaha di pasar tradisional Yuka umumnya bersifat informal dibandingkan pasar modern, ditandai dengan praktik tawar-menawar, pembayaran tunai, dan hubungan personal antara pedagang dan pembeli. 2) Aspek penjualan ayam potong, para pedagang bekerja sama dengan pemasok yang telah dikenal memiliki kualitas baik dan bersertifikasi halal, serta proses pemotongan ayam dilakukan sesuai syariat Islam. 3) Sebagian besar pedagang di pasar ini juga menjalankan usaha mereka berdasarkan lima prinsip etika bisnis Islam yaitu tauhid, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan yang menunjukkan bahwa perilaku bisnis mereka sudah sesuai dengan nilai-nilai etika Islam |
en_US |