DAMPAK DIGITAL MARKETING BERBASIS BRAND STORYTELLING DI TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MUSLIMAH DALAM MEMILIH PRODUK KECANTIKAN DI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Munim, Fathan
dc.contributor.advisor Ulum, Bahrul
dc.contributor.advisor Prihantono, Prihantono
dc.contributor.advisor Umam, Khoirul
dc.contributor.author Maghfiroh, Dini
dc.date.accessioned 2025-07-08T03:54:18Z
dc.date.available 2025-07-08T03:54:18Z
dc.date.issued 2025-06-18
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6745
dc.description.abstract Dini Maghfiroh, Nomor Induk Mahasiswa 12103102. Dampak Digital Marketing Berbasis Brand Storytelling di TikTok Terhadap Perilaku Konsumen Muslimah Dalam Memilih Produk Kecantikan di Kota Pontianak. Skripsi. Pontianak : Program Studi Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2025. Perkembangan teknologi informasi telah mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk melalui platform TikTok yang kini menjadi media utama pemasaran produk kecantikan. Dengan fitur kreatif dan pendekatan brand storytelling, TikTok mampu mempengaruhi emosi konsumen dan mendorong perilaku konsumtif. Hal ini sering kali bertentangan dengan prinsip kesederhanaan dalam Islam, karena konsumen terdorong membeli bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan pengaruh emosional dari konten yang ditampilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak digital marketing berbasis brand storytelling di TikTok terhadap keputusan pembelian produk kecantikan oleh konsumen Muslimah di Kota Pontianak dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang membuat digital marketing berbasis brand storytelling di TikTok memiliki pengaruh lebih besar terhadap perilaku konsumen Muslimah di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dipilih secara purposive berdasarkan karakteristik khusus yang relevan dengan fenomena yang diteliti. Sebanyak 15 informan ditetapkan sejak awal karena dinilai mampu memberikan informasi yang representatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Digital marketing berbasis brand storytelling di TikTok secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian produk kecantikan oleh konsumen Muslimah di Kota Pontianak. Konten yang naratif dan emosional mampu menarik minat mencoba produk baru sekaligus menurunkan loyalitas pada satu merek, dengan dukungan word of mouth dari teman dan influencer. 2) Faktor yang memperkuat dampak ini meliputi personalisasi konten, transparansi informasi terutama kehalalan produk, manajemen reputasi yang responsif, serta interaksi aktif antara brand dan konsumen. Dengan demikian, strategi storytelling di TikTok efektif membentuk perilaku konsumtif Muslimah yang lebih kritis dan selektif di era digital. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Digital Marketing en_US
dc.subject Brand Storytelling en_US
dc.subject TikTok en_US
dc.subject Perilaku Konsumen en_US
dc.subject Muslimah en_US
dc.subject Produk Kecantikan en_US
dc.title DAMPAK DIGITAL MARKETING BERBASIS BRAND STORYTELLING DI TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MUSLIMAH DALAM MEMILIH PRODUK KECANTIKAN DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account