DAMPAK LABEL HALAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA RESTORAN MARIO BENTO DI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairunnisa, Dina
dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Prihantono, Prihantono
dc.contributor.advisor Nurjannah, Syamratun
dc.contributor.author Salsabila, Mutiara
dc.date.accessioned 2025-07-08T01:16:18Z
dc.date.available 2025-07-08T01:16:18Z
dc.date.issued 2025-04-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6740
dc.description.abstract Mutiara Salsabila (12003111), “Dampak Label Halal Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Restoran Mario Bento di Kota Pontianak”. Tujuan dari Penelitian adalah untuk menjelaskan dan mengetahui : 1) Bagaimana pendapatan restoran Mario Bento di kota pontianak sebelum penggunaan label halal. 2) Bagaimana pendapatan restoran Mario Bento di kota pontianak sesudah penggunaan label halal. 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pendapatan pada restoran Mario Bento di Kota Pontianak. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi. Hasil Penelitian ini yaitu: 1) Sebelum Restoran Mario Bento memperoleh sertifikat halal, pendapatan restoran cenderung stagnan dan berada di bawah Rp. 50 juta per bulannya. Segmentasi pasar terbatas pada pelanggan muslim atau konsumen yang tidak terlalu mempermasalahkan status kehalalan makanan. Hal ini disebabkan karena kurangnya kepercayaan dari konsumen muslim menyebabkan jumlah pelanggan dan membatasi pertumbuhan pendapatan. Banyak konsumen yang ragu untuk berkunjung karena belum adanya jaminan kehalalan secara resmi. 2) Setelah mendapatkan sertifikat halal, terjadi peningkatan pendapatan yang lebih signifikan di Restoran Mario Bento dengan rata-rata pendapatan bulanan meningkat menajdi lebih dari Rp. 50 juta per bulannya. Adanya label halal dapat meningkatkan kepercayan konsumen, khususnya dari kalangan muslim. Sehingga jumlah kunjungan dan loyalitas pelanggan bertambah. Label halal juga menjadi alat pemasaran yang efektif, memperkuat citra restoran dan menarik pelanggan baru yang sebelumnya ragu untuk mencoba. Selain itu, mendapatkan rekomendasi dari toko agama, komunitas muslim turut memperluas jangkauan pasar restoran sehingga mempengaruhi pendapatan restoran. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan label halal itu sendiri adalah label halal yang meningkatkan rada kepercayaan dan rasa aman konsumen muslim, kualitas produk dan pelayanan, fasilitas restoran yang nyaman , lokasi dan aksesibilitas strategis, promosi dan strategi pemasaran, harga, dan inovasi pengembangan menu, penyajian, media sosial dan pelayanan yang menarik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kepercayaan Konsumen en_US
dc.subject Label Halal en_US
dc.subject Pendapatan en_US
dc.title DAMPAK LABEL HALAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA RESTORAN MARIO BENTO DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account