dc.description.abstract |
EVI NURHAYANI 12103014, Pengaruh Literasi Keuangan dan Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Angkatam 2021 IAIN Pontianak. Skripsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Literasi Keuangan yang baik dapat membantu individu dalam membuat keputusan keuangan yang bijak, menghindari utang yang tidak perlu, dan merencanakan keuangan jangka panjang. Dengan demikian, meningkatkan Literasi Keuangan di kalangan mahasiswa menjadi penting untuk membentuk perilaku keuangan yang sehat dan bertanggung jawab. Kemudahan akses dan transaksi yang cepat sering kali mendorong perilaku konsumtif yang tidak terkendali karena sistem pembayaran digital menghilangkan hambatan psikologis yang biasanya muncul saat menggunakan uang tunai.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif, 2) Untuk mengetahui Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif serta secara umum 3) Untuk mengetahui Pengaruh dari Literasi Keuangan dan Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2021 IAIN Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini juga dikategorikan ke dalam penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bermaksud menguji hipotesis hubungan dua variabel atau lebih dan Jika dispesifikkan lagi, penelitian ini digolongkan penelitian asosiatif kausal yaitu hubungan sebab akibat. Adapun pada penelitian ini memiliki populasi sebesar 106 mahasiswa angkatan 2021 dari program studi ekonomi syariah dan di dihitung melalui rumus slovin sehingga mendapatkan 52 orang responden untuk di teliti.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Literasi Keuangan berpengaruh negatif terhadap Perilaku Konsumtif, artinya semakin tinggi maupun rendah Literasi Keuangan, maka tidak mempengaruhi kecenderungan mahasiswa untuk berperilaku konsumtif. Sebaliknya, 2) Penggunaan Digital Payment berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, yang menunjukkan bahwa semakin intensif mahasiswa menggunakan sistem pembayaran digital, semakin tinggi pula tingkat konsumtif mereka. 3) Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan edukasi keuangan dan pengawasan penggunaan teknologi finansial di kalangan mahasiswa agar dapat mendorong perilaku konsumsi yang lebih bijak sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam. |
en_US |