PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH DI KELAS X MAN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author IRIANTO, AMANDA
dc.date.accessioned 2025-07-07T03:04:40Z
dc.date.available 2025-07-07T03:04:40Z
dc.date.issued 2025-06-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6725
dc.description.abstract AMANDA IRIANTO. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fikih di Kelas X MAN 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.2025M/1446H. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan dan mengidentifikasi,(1) langkah-langkah penggunaan strategi mind mapping.(2) hasil belajar sebelum menggunakan strategi mind mapping,(3) hasil belajar setelah menggunakan strategi mind mapping,(4) pengaruh penggunaan strategi mind mapping terhadap hasil belajar fikih kelas X MAN 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang dipilih peneliti adalah Solomon Four Group Design. Tempat pengumpulan data di MAN 1 Pontianak. Waktu penelitian bulan Maret 2024-April 2025. Populasi penelitian seluruh kelas X MAN 1 Pontianak berjumlah 381 peserta didik. Sampel penelitian kelas XE berjumlah 39, XF 38, XG 37, dan XH 38 sehingga keseluruhannya berjumlah 152 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan,(1) Observasi,(2) tes,(3) dokumentasi. Alat pengumpulan data mengunakan lembar ceklis dan 20 soal pilihan ganda. Uji validasi hasilnya v= 1,00 dan reabilitas nilainya 0,822. Teknik Analisis data menggunakan Uji independent sample T-test Hasil penelitian yang dilakukan telah memaparkan tujuan penelitian yaitu Pertama, Langkah-langkah penggunaan strategi mind mapping,(1) memulai dengan menentukan topik utama,(2) membuat cabang-cabang utama,(3) mengembangkan sub-cabang dari tiap cabang utama,(4) membuat garis hubung, (5) menambahkan warna berbeda,(5) membuat gambar simbolik,(6) penggunan meninjau kembali hasil mind maping dan merevisi jika ada ide yang kurang atau perlu penyesuaian. Kedua, hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi mind mapping nilainya sebesar 83.72 dan 82.95. Ketiga, hasil belajar peserta didik setelah menggunakan strategi mind mapping nilainya sebesar 97.44 dan 97.56. Keempat, pengaruh penggunaan strategi mind mapping terhadap hasil belajar di kelas X MAN 1 Pontianak yaitu berpengaruh nilainya 0,00 < 0,005 Kesimpulanya penelitian ini uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antara pre tes dan postest sehingga terdapat pengaruh strategi mind mapping terhadap hasil belajar atau H0 ditolak Ha diterima en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Mind Mapping en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH DI KELAS X MAN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account