| dc.description.abstract |
Hesti,1210168. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Aktivitas Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Sintang. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Prodi Pendidikan Agama Islam. 2024/2025.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Permasalahan ini disebabkan oleh aktivitas belajar peserta didik yang kurang fokus mendengarkan penjelasan guru, mengobrol dengan teman, mengantuk, dan takut menyampaikan pendapat dan bertanya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjawab pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana penerapan model Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Bagaimana aktivitas belajar pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik, 3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Sintang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini ialah posttest only control grup desain melibatkan peserta didik XI MIA I (kelas kontrol) dan XI MIA II (kelas eksperimen). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi dan uji Mann-wihtney.
Berdasarkan data yang telah dianalisis disimpulkan: 1) Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) telah diterapkan sesuai sintak langkah- langkah model pembelajaraan Teams Games Tournament (TGT), 2) Aktivitas belajar nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,00 dengan kategori aktif dan eksperimen sebesar 87,00 dengan kategori sangat aktif dan, 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas belajar melalui uji mann- wihtney dengan nilai asgimp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05. |
en_US |