PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 SINTANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Ma’ruf, Ma’ruf
dc.contributor.advisor Pranata, Alvira
dc.contributor.author Hesti, Hesti
dc.date.accessioned 2025-07-07T02:58:03Z
dc.date.available 2025-07-07T02:58:03Z
dc.date.issued 2025-06-24
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6724
dc.description.abstract Hesti,1210168. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Aktivitas Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Sintang. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Prodi Pendidikan Agama Islam. 2024/2025. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Permasalahan ini disebabkan oleh aktivitas belajar peserta didik yang kurang fokus mendengarkan penjelasan guru, mengobrol dengan teman, mengantuk, dan takut menyampaikan pendapat dan bertanya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjawab pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana penerapan model Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Bagaimana aktivitas belajar pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik, 3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini ialah posttest only control grup desain melibatkan peserta didik XI MIA I (kelas kontrol) dan XI MIA II (kelas eksperimen). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi dan uji Mann-wihtney. Berdasarkan data yang telah dianalisis disimpulkan: 1) Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) telah diterapkan sesuai sintak langkah- langkah model pembelajaraan Teams Games Tournament (TGT), 2) Aktivitas belajar nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,00 dengan kategori aktif dan eksperimen sebesar 87,00 dengan kategori sangat aktif dan, 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas belajar melalui uji mann- wihtney dengan nilai asgimp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran en_US
dc.subject Teams Games Tournament (TGT) en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 SINTANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account