USAHA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS X DI AL-MUSTAQIM KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author Maulana, Ikram
dc.date.accessioned 2025-07-07T01:47:06Z
dc.date.available 2025-07-07T01:47:06Z
dc.date.issued 2025-06-25
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6714
dc.description.abstract IKRAM MAULANA, Usaha Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Karakter Bertanggung Jawab Peserta Didik Kelas X MA Al-Mustaqim Kubu raya Tahun Ajaran 2024/2025, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan ( FTIK), Program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Adapun latar belakang masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bentuk usaha apa yang dapat guru dapat lakukan agar peserta didiknya dapat memiliki karakter bertanggung jawab secara menyeluruh, karena seperti yang kita ketahui masing-masing peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan satu, untuk Mendeskripsikan usaha guru dalam membina kesiapan belajar mandiri peserta didik kelas X agar terbina secara menyeluruh.. kedua, Mendeskripsikan usaha guru akidah akhlak supaya peserta didik kelas X berpartisipasi aktif dalam pembelajaran terbina secara menyeluruh. Ketiga, Mendeskripsikan usaha guru akidah akhlak dalam membentuk kedisplinan memanejemen sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, informan pada penelitian ini adalah guru akidah akhlak dan dua peserta didik kelas X MA Al-Mustaqim, teknik pengumpulan data yang digunakan: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan: Kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa: satu menentukan cara atau metode yang sesuai dengan yang dibutuhkan masing-masing peserta didiknya salah satu caranya ialah dengan diskusi kelompok, pengerjaan tugas mandiri, dan pekerjaan rumah (PR) sebagai usaha membentuk kesiapan belajar mandiri. Kedua adapun usaha yang dapat dilakukan ialah, membuat suasana kelas lebih nyaman dan lebih hidup adalah suatu usaha yang baik bagi guru dan peserta didik. Ketiga supaya peserta didik mendapatkan sumber belajar dari tempat yang berbeda peran guru yang akan mengarahkan mana yang bisa dipakai untuk dijadikan sumber belajar oleh mereka. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini ialah bentuk usaha guru akidah akhlak dalam membina karakter bertanggung jawab peserta didiknya agar memiliki karakter bertanggung jawab adalah mengusahakan agar tiga komponen dari indikator karakter bertanggung jawab terpenuhi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Usaha Guru en_US
dc.subject membina en_US
dc.subject Karakter Bertanggung Jawab en_US
dc.title USAHA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS X DI AL-MUSTAQIM KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account