MEDIA POHON KARIR DALAM MENINGKATKAN KESADARAN KARIR PADA SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SINGKAWANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fazny, Bella Yugi
dc.contributor.advisor Saputra, Randi
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.advisor Fauziah, Fauziah
dc.contributor.author Tsary, Nasywa Nuratha
dc.date.accessioned 2025-07-07T01:25:19Z
dc.date.available 2025-07-07T01:25:19Z
dc.date.issued 2025-05-26
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6708
dc.description.abstract NASYWA NURATHA TSARY, Media Pohon Karir dalam Meningkatkan Kesadaran Karir pada Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri Singkawang. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI). Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI). Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Tahun 2025 M/1447 H. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kesadaran karir pada siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Singkawang sebelum diberikan pohon karir; 2) Media pohon karir dapat meningkatkan kesadaran karir pada siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Singkawang; 3) Media pohon karir efektif terhadap peningkatan kesadaran karir pada siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan quasi experiment dengan jenis non-equivalent control group design. Sumber data pada penelitian ini yaitu sampel kelas IX A dan kelas IX B yang berjumlah 60 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu peneliti menguji normalitas data pretest dan posttest, setelah diuji data yang diperoleh tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji non parametrik (U Mann Whitney) dan untuk mengukur keefektifan pada media pohon karir dalam meningkatkan kesadaran karir dengan melalui uji t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kesadaran karir siswa kelas IX A (Kontrol) melalui video materi tanpa membuat media pohon karir mempunyai nilai rata-rata pretest 3,201 dan mempunyai nilai rata-rata posttest yaitu 3,294. Sedangkan pada siswa kelas IX B (Eksperimen) mempunyai nilai rata-rata pretest yaitu 3,011; 2) Pembuatan media pohon karir pada siswa kelas eksperimen dan dibandingkan dengan kelas kontrol tanpa membuat media pohon karir, maka diketahui terdapat peningkatan yang signifikan. Adapun hal ini berdasarkan hasil analisis non parametrik U Man Whitney menggunakan Software SPSS 26, dapat dilihat bahwa pretest kelas kontrol dan eksperimen memiliki nilai sig. 0.023 < 0.05 maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil kesadaran karir dari nilai pretest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan hasil posttest dari kelas kontrol dan eksperimen memiliki nilai yang hasilnya berdistribusi normal; 3) Media pohon karir efektif dalam meningkatkan kesadaran karir pada siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Singkawang. Adapun hal ini berdasarkan dari hasil uji t yang bernilai 9.103 dan nilai signifikansi yaitu 0.001 < 0.05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject pohon karir en_US
dc.subject kesadaran karir en_US
dc.title MEDIA POHON KARIR DALAM MENINGKATKAN KESADARAN KARIR PADA SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SINGKAWANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account