PENGARUHN BAGI HASIL TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BTN SYARIAH (Studi Empiris Nasabah Bank BTN Syariah di PT. Putra Kalma)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Bahtiar, Eko
dc.contributor.advisor Sulistianingsih, Sulistianingsih
dc.contributor.advisor Segu, Segu
dc.contributor.advisor Rahmi, Ain
dc.contributor.author CHAIRUNNISA, CHAIRUNNISA
dc.date.accessioned 2025-07-07T01:13:12Z
dc.date.available 2025-07-07T01:13:12Z
dc.date.issued 2025-06-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6705
dc.description.abstract CHAIRUNNISA.2025. ”Pengaruh Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BTN Syariah (Studi Kasus Nasabah Bank BTN Syariah di PT.Putra Kalma)”. Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah yaitu aturan perjanjian berdasarkan hukum islam (Al-Qur’an dan Hadist). Bank BTN Syariah, sebagai salah satu bank syariah terkemuka di Indonesia, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan produknya untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Pelayanan dan bagi hasil merupakan dua faktor penting yang mempengaruhi kepuasan nasabah di Bank BTN Syariah, kualitas pelayanan adalah aspek paling penting dalam industri jasa, termasuk perbankan. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan Bank BTN Syariah terhadap kepuasan nasabah di PT Putra Kalma. (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat bagi hasil Bank BTN Syariah terhadap kepuasan nasabah di PT Putra Kalma. (3) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan tingkat bagi hasil Bank BTN Syariah secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah di PT Putra Kalma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket/kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 nasabah bank BTN syariah di PT. Putra Kalma. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang asosiatif, Peneliti menggunakan metode convenience sampling menggunakan desain survei, yang berarti pengumpulan informasi dilakukan melalui kuesioner sebagai pengumpulan informasi pokok. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah bank BTN syariah di PT. Putra Kalma, dibuktikan dengan hasil uji signifikansi simultan (uji f) dengan nilai F-hitung sebesar 92,818 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank BTN Syariah di PT.Putra kalma dibuktikan dengan nilai t-hitung 0,13,160 > t-tabel 2,02619. Pelayanan dan bagi hasil sama sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank BTN Syariah di PT. Putra Kalma. Berdasarkan hasil uji koefesiensi determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai koefesiensi determinasi sebesar 0,832. Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara Pelayanan dan Bagi Hasil memiliki kontribusi terhadap kepuasan nasabah bank BTN Syariah di PT. Putra Kalma sebesar 83,2% sedangkan sisanya sebesar 16,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.subject Bagi Hasil en_US
dc.subject Kepuasan Nasabah en_US
dc.title PENGARUHN BAGI HASIL TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BTN SYARIAH (Studi Empiris Nasabah Bank BTN Syariah di PT. Putra Kalma) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account