dc.description.abstract |
CHAIRUNNISA.2025. ”Pengaruh Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap
Kepuasan Nasabah Bank BTN Syariah (Studi Kasus Nasabah Bank BTN
Syariah di PT.Putra Kalma)”. Bank syariah adalah bank yang menjalankan
kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah yaitu aturan perjanjian berdasarkan
hukum islam (Al-Qur’an dan Hadist). Bank BTN Syariah, sebagai salah satu bank
syariah terkemuka di Indonesia, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan
dan produknya untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Pelayanan dan bagi
hasil merupakan dua faktor penting yang mempengaruhi kepuasan nasabah di
Bank BTN Syariah, kualitas pelayanan adalah aspek paling penting dalam industri
jasa, termasuk perbankan.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan
Bank BTN Syariah terhadap kepuasan nasabah di PT Putra Kalma. (2) Untuk
mengetahui pengaruh tingkat bagi hasil Bank BTN Syariah terhadap kepuasan
nasabah di PT Putra Kalma. (3) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan tingkat
bagi hasil Bank BTN Syariah secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah di
PT Putra Kalma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah angket/kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak
40 nasabah bank BTN syariah di PT. Putra Kalma.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang asosiatif, Peneliti
menggunakan metode convenience sampling menggunakan desain survei, yang
berarti pengumpulan informasi dilakukan melalui kuesioner sebagai pengumpulan
informasi pokok.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah bank BTN syariah
di PT. Putra Kalma, dibuktikan dengan hasil uji signifikansi simultan (uji f) dengan
nilai F-hitung sebesar 92,818 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Bagi
hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank BTN
Syariah di PT.Putra kalma dibuktikan dengan nilai t-hitung 0,13,160 > t-tabel
2,02619. Pelayanan dan bagi hasil sama sama berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah Bank BTN Syariah di PT. Putra Kalma. Berdasarkan hasil uji koefesiensi
determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai koefesiensi determinasi sebesar 0,832.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara Pelayanan dan Bagi Hasil memiliki
kontribusi terhadap kepuasan nasabah bank BTN Syariah di PT. Putra Kalma
sebesar 83,2% sedangkan sisanya sebesar 16,8% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak di teliti dalam penelitian ini. |
en_US |