PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author Hidayat, Ahmad
dc.date.accessioned 2025-07-03T07:05:43Z
dc.date.available 2025-07-03T07:05:43Z
dc.date.issued 2025-06-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6695
dc.description.abstract AHMAD HIDAYAT (11811048). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : untuk mengetahui tentang, 1) Untuk mengetahui proses kegiatan pendahuluan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. 2) Untuk Mengetahui Proses Kegiatan inti Pembelajaran Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. 3) Untuk Mengetahui Proses Kegiatan Akhir Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. Jenis penelitian yang peneliti lakukan ini adalah jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMP Muhammadiyah 2 Pontianak dan dokumen pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi dan member check. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, bahwa poin-poin yang terkait dengan kesimpulan: 1) Pelaksanaan kegiatan pendahuluan pembelajaran yaitu mengucapkan salam, berdoa, apersepsi test, menyampaikan tujuan pembelajaran. 2) Pelaksanaan kegiatan inti pembelajaran yaitu menggunakan metode pembelajaran, menggunakan pendekatan saintifik seperti mengamati, menanya, menganalisis, menalar, dan mengkomunikasikan. 3) Pelaksanaan kegiatan penutup pembelajaran yaitu mengulang konsep yang telah dipelajari, mengevaluasi pemahaman siswa, dan memberikan umpan balik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendidikan Agama en_US
dc.subject Pelaksanaan Pembelajaran en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account