DAMPAK E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR SUDIRMAN PONTIANAK: PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fatimah, Fatima
dc.contributor.advisor Jayanti, Fitri
dc.contributor.advisor Munim, Fathan
dc.contributor.advisor Novita, Novita
dc.contributor.author Diani, Diani
dc.date.accessioned 2025-07-02T03:29:12Z
dc.date.available 2025-07-02T03:29:12Z
dc.date.issued 2025-05-28
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6687
dc.description.abstract Diani, Dampak E-Commerce Shopee Terhadap Pendapatan Pedagang Pakaian Di Pasar Sudirman Pontianak: Perspektif Ekonomi Syariah. Pontianak: Fakultas Ekonomi Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023. Perkembangan teknologi digital telah mendorong pertumbuhan e- commerce secara pesat yang berdampak terhadap pendapatan pedagang di pasar tradisional. Berkembangnya e-commerce berdampak terhadap pedagang baik dampak positif dan dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak e-commerce Shopee terhadap pendapatan pedagang Pakaian dipasar Sudirman Pontianak serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang dan untuk menjelaskan implementasi prinsip ekonomi syariah dalam transaksi pada pedagang di pasar sudirman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode fenometologi dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 pedagang pakaian dari populasi 163 pedagang di pasar Sudirman. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah berupa wawancara secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Keberadaan e-commerce memberikan dampak e-commerce terhadap para pedagang di Pasar Sudirman. E-commerce, khususnya platform seperti Shopee, memberikan dampak yang beragam bagi pedagang tradisional. Di satu sisi, e-commerce membuka peluang perluasan pasar dan peningkatan pendapatan melalui pemanfaatan strategi digital. Namun, di sisi lain, banyak pedagang mengalami penurunan jumlah pembeli secara langsung serta penurunan pendapatan sekitar 35% dari target penjualan akibat pergeseran daya tarik konsumen ke belanja daring. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pedapatan yaitu modal, tenaga kerja dan lama usaha. Dari ketiga factor tersebut dapat mempengaruhi tingkat pendapatan tergantung dengan pengelolaan yang tepat. 3) Penerapan prinsip keadilan, transparansi, dan kemanfaatan dalam pengelolaan usaha, yang mencerminkan upaya pedagang menjaga keberlanjutan bisnis sekaligus memperhatikan kesejahteraan pelanggan dan lingkungan sosial. Temuan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi penguatan pasar tradisional di era digital. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Dampak E-Commerce en_US
dc.subject Pendapatan en_US
dc.subject Pasar en_US
dc.subject Ekonomi Syariah en_US
dc.title DAMPAK E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR SUDIRMAN PONTIANAK: PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account