PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author KHAFIZA, NINDA
dc.date.accessioned 2025-07-01T07:58:17Z
dc.date.available 2025-07-01T07:58:17Z
dc.date.issued 2025-06-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6672
dc.description.abstract NINDA KHAFIZA, Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Peserta Didik di SMA Negeri 8 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepedulian peneliti terhadap kualitas pendidikan karakter, khususnya dalam konteks moderasi beragama. Peneliti memilih SMA Negeri 8 Pontianak karena lokasinya strategis dan memiliki potensi untuk menjadi role model bagi sekolah lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) nilai-nilai materi moderasi beragama yang ditanamkan pada peserta didik di SMA Negeri 8 Pontianak; 2) pendekatan yang diterapkan dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di SMA Negeri 8 Pontianak; 3) indikator keberhasilan dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di SMA Negeri 8 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) nilai-nilai materi moderasi beragama yang ditanamkan pada peserta didik di SMA Negeri 8 Pontianak adalah tasamuh (toleransi), i’tidal, syura, dan muwathanah. 2) Pendekatan yang diterapkan dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 8 Pontianak dilakukan dengan menyisipkan muatan moderasi dalam setiap materi yang relevan, mengoptimalkan pendekatan-pendekatan pembelajaran, dan melakukan evaluasi. 3) Indikator keberhasilan dari penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di SMA Negeri 8 Pontianak terlihat bahwa; pertama, mereka mau berteman dengan siapa saja tanpa melihat kondisi ekonomi, kondisi fisik, maupun suku. Mereka juga melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan mereka masing-masing dan tidak mengganggu ibadah teman yang berbeda agama. Kedua, mereka dapat bersikap adil dalam artian bisa menempatkan sesuatu sesuai porsinya. Ketiga, mereka dapat menerima dan melaksanakan keputusan bersama ketika dilakukan diskusi yang tidak hanya dalam pembelajaran saja, tapi dalam kegiatan tertentu seperti rapat OSIS, ROHIS, dan dalam kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Keempat, mereka juga cinta dan bangga terhadap tanah airnya ditandai dengan selalu ikut serta dalam pelaksanaan upacara hari Senin, memakai produk-produk dalam negeri, serta mempelajari budayabudaya yang ada di Indonesia. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penanaman Nilai-Nilai en_US
dc.subject Moderasi Beragama en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account