dc.description.abstract |
Desi (12007017), Analisis Pengaruh Layanan E-Banking Terhadap
Kepuasan Consumer, Pada BSI KCP Pontianak A Yani 1,Skripsi, Program
Studi Perbankan Syari’ah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak,2023.
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang peneliti
temukan. Di era masyarakat sudah menggunakan teknelogi dalam segala
kegiatan salah satu nya e-banking yang mampu memudahkan masyarakat
dalam bertransaksi. Namun pada saat melakukan observasi, peneliti masih
menemukan keluhan masyarakat terhadap layanan yang di sediakan e
banking ada yang kurang menarik di masyarakat. Untuk itu tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan e-banking terhadap kepuasan
nasabah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, Populasi
dalam penelitian ini adalah nasabah BSI KCP Pontianak A Yani 1 yang
menggunakan layanan e-banking. Sempel dalam penelitian ini 96 responden
yang diambil dengan accidental sampling. Metode analisis data
menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji asumsi
klasik, analisis regresi linier sederhana dan uji hipotesis menggunakan
software pengolah data SPSS V,26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tangible, reliability,
responsivenees, assurance, empathy berpengaruh positif dan signifikan
terhadap tingkat kepuasan consumer di BSI KCP Pontianak A Yani. Dengan
hasil uji koefisien determinasi nilai R square 0.932. Artinya, bahwa sangat
besar kemampuan variabel layanan e-banking dalam memberikan kepuasan
kepada consumer adalah sebesar 93,2 % sedangkan 6,8% dipengaruhi
variable lain diluar penelitian ini. |
en_US |