KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARSISWA DI MTs. DARUL MA’ARIF DESA RENGAS KAPUAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Juniawati, Juniawati
dc.contributor.advisor Gafallo, M. Fadhil Yarda
dc.contributor.advisor Ibrahim, Ibrahim
dc.contributor.advisor Habibi, Muhammad
dc.contributor.author FIKRIA, MILLAH
dc.date.accessioned 2025-06-25T07:04:32Z
dc.date.available 2025-06-25T07:04:32Z
dc.date.issued 2025-06-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6612
dc.description.abstract Millah fikria (12005076), komunikasi interpersonal antar siswa di MTs Darul Ma’arif: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang komunikasi interpersonal di sekolah MTs Darul Ma’arif Desa Rengas Kapuas. Secara khusus untuk mengetahui: 1) proses terjadinya komunikasi interpersonal. 2) mengetahui bagaimana siswa membangun komunikasi interpersonal antar siswa. 3) mengetahui bagaimana siswa membangun aspek komunikasi yang lima: keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, kesetaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas 9 yang merupakan objek dari penelitian, kisaran umurnya 15 tahun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yakni komunikasi interpersonal antar siswa di MTs Darul Ma’arif, menggunakan lima aspek komunikasi interpersonal yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Dari kelima aspek tersebut siswa dan siswa pada dasarnya memiliki kelima aspek dari komunikasi interpersonal tersebut. Tetapi, cara mengungkapkan yang berbeda-beda. Apalagi mengingat usia siswa dan siswi memasuki remaja pertengahan yang dimana fase ini mencari identitas dan kebingungan mencari jati diri. (1) Keterbukaan siswa Mts Darul Ma’arif mau memberi dan menerima informasi seputar kegitan sekolah. (2) empati pada umumnya siswa mampu memahami dan merasakan perasaan teman sekitar. (3) Sikap mendukung siswa mampu menunjukkan kesediaan untuk membantu dan mendukung, (4) sikap positif mampu menunjukan kesediaan untuk mengapresiasi dan menghargai teman sekitar. Dan (5) kesetaraan siswa juga mampu untuk menunjukan meskipun adanya perbedaan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject komunikasi interpersonal en_US
dc.subject siswa MTs en_US
dc.title KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARSISWA DI MTs. DARUL MA’ARIF DESA RENGAS KAPUAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account