dc.description.abstract |
ANGGI, 11811289. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Index
Card Match Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbun: Program
Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbung.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil Belajar peserta didik
sebelum diterapkannya strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam; 2) Penerapan strategi pembelajaran index card match
pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam; 3) Hasil belajar peserta didik
sesudah diterapkannya strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran
Sejarah kebudayaan Islam; dan 4) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran index
card match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy
Experiment atau eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini ialah seluruh peserta
didik kelas III yang terdiri dari 22 orang yang sekaligus menjadi sampel dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan
adalah lembar observasi, soal tes (pretest-posttes). Teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji instrumen meliputi, uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan
uji prasyarat meliputi, uji analisis deskriptif dan uji normalitas data dan uji hipotesis
dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t test
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan :
(1). Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya strategi pembelajaran index
card match terhadap hasil belajar peserta pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbung dengan nilai
rata-rata 66.04 dan presentase ketuntasan yaitu 18,1%; 2) Penerapan strategi
pembelajaran index card match sesuai dengan langkah-langkah pada lembar
observasi; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkannya strategi
pembelajaran index card match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbung
adalah dengan nilai rata-rata 78.27 dan presentase 63,6%; dan 4) terdapat pengaruh
penerapan strtaegi pembelajaram index card match terhadap hasil belajar pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Ulum Desa Limbung. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotes (paired sampel t
test) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Dengan demikian penerapan strategi
pembelajaran index card match berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar
peserta didik. |
en_US |