Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbun

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Anggi, Anggi
dc.date.accessioned 2025-06-24T08:13:25Z
dc.date.available 2025-06-24T08:13:25Z
dc.date.issued 2023-11-15
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6601
dc.description.abstract ANGGI, 11811289. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbun: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil Belajar peserta didik sebelum diterapkannya strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam; 2) Penerapan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkannya strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam; dan 4) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran index card match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experiment atau eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas III yang terdiri dari 22 orang yang sekaligus menjadi sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes (pretest-posttes). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen meliputi, uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan uji prasyarat meliputi, uji analisis deskriptif dan uji normalitas data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t test Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan : (1). Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya strategi pembelajaran index card match terhadap hasil belajar peserta pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbung dengan nilai rata-rata 66.04 dan presentase ketuntasan yaitu 18,1%; 2) Penerapan strategi pembelajaran index card match sesuai dengan langkah-langkah pada lembar observasi; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkannya strategi pembelajaran index card match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbung adalah dengan nilai rata-rata 78.27 dan presentase 63,6%; dan 4) terdapat pengaruh penerapan strtaegi pembelajaram index card match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbung. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotes (paired sampel t test) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran index card match berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Index Card Match en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbun en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account