ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM TOKO RUMAH ROTI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jayanti, Fitri
dc.contributor.advisor Novita, Novita
dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.advisor Ulum, Bahrul
dc.contributor.author Afifah, Nur
dc.date.accessioned 2025-06-24T03:39:32Z
dc.date.available 2025-06-24T03:39:32Z
dc.date.issued 2025-05-26
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6595
dc.description.abstract Nur Afifah, Nomor induk Mahasiswa 12103062. Analisis Penggunaan Media Sosial instagram terhadap pengembangan UMKM Toko Rumah Roti Pontianak. Program Studi Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2025. Media sosial dimanfaatkan sebagian besar UMKM untuk mengadakan kontak personal dengan pelanggan, promosi/advertising, mendata kebutuhan pelanggan dan menyampaikan respon ke pelanggan. Sosial media merupakan media komunikasi yang efektif bagi UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk analisis mendalam tentang bagaimana pemanfaatan media sosial instagram terhadap pengembangan UMKM, mengetahui dampak media sosial instagram terhadap pengembangan UMKM, dan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial instagram terhadap pengembangan UMKM dalam persepsi syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pemilik usaha dan beberapa konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1)Owner melakukan pemasaran melalui instagram stories ataupun postingan, tampilan produk yang menarik pada postingan bisa mendorong minat beli konsumen, owner juga sering merepost konten dari konsumen, memanfaatkan fitur di instagram dan menggunakan hastag lokasi agar jangkauan postingan bisa lebih luas. 2)Pemanfaatan Instagram oleh Toko Rumah Roti efektif dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan. Meskipun belum menggunakan fitur iklan berbayar, strategi promosi rutin dalam setiap postingan memudahkan interaksi dengan konsumen. Daya tarik harga yang terjangkau juga mendorong loyalitas pelanggan. Hasilnya, omzet bulanan meningkat signifikan dari Rp1.700.000 menjadi Rp3.600.000. 3)Toko Rumah Roti menunjukkan komitmen tinggi terhadap prinsip halal, transparansi, dan kejujuran dalam bisnis. Semua bahan yang digunakan dipastikan bersertifikasi halal, dan pemilik menjaga proses produksi agar terbebas dari bahan yang tidak halal. Dalam hal promosi pemilik selalu memberikan informasi yang jelas mengenai potongan harga dan waktu promo, serta menghindari promosi yang tidak transparan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject UMKM en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Instagram en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.title ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM TOKO RUMAH ROTI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account