Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual di Kelas VII MTs Islamiyah Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author Anggreni, Devi
dc.date.accessioned 2025-06-24T01:55:32Z
dc.date.available 2025-06-24T01:55:32Z
dc.date.issued 2023-11-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6594
dc.description.abstract DEVI ANGGRENI. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Audio Visual di Kelas VII MTs Islamiyah Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada saat pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Islamiyah Pontianak diidentifikasi beberapa masalah seperti penggunaan media pembelajaran dan cara pencatatan siswa terhadap materi ajar masih bersifat konvensional (tradisional), serta ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih banyak yang berada dibawah nilai KKM (80). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Islamiyah Pontianak; serta untuk mendeskripsikan bagaimana langkah langkah guru dalam menggunakan media audio visual pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Islamiyah Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan dalam penelitian ini dimulai dari siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari analisis data lembar observasi kegiatan guru serta analisis hasil belajar siswa. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: satu, hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual terbilang masih rendah dengan persentase ketuntasan hanya 40% dari siswa yang berjumlah 20 orang. Nilai rata-rata kelas yakni 72,5 yakni kurang dari kriteria ketuntasan minimum yakni 80. Dua, langkah guru dalam menggunakan media audio visual sudah sesuai dengan panduan yang terverifikasi. Dimulai dari mempersiapkan materi yang sesuai dengan media yang digunakan yakni media audio visual, dikarenakan tidak semua materi pembelajaran akan sesuai dengan media pembelajaran, disinilah peran guru dalam mengolah kreativitas penggunaan media pembelajaran yang sesuai. Tiga, hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual terbilang cukup tinggi dengan presentase ketuntasan yang meningkat dari 40% ke 85% dengan nilai rata-rata yang sebelum menggunakan media audio visual yakni 72,5 naik ke 86,25. Dari hasil kenaikan hasil belajar siswa, dapat dimahfumi bahwa penggunaan media audio visual membantu dalam peningkatan hasil belajar siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual di Kelas VII MTs Islamiyah Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account