dc.description.abstract |
DEVI ANGGRENI. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Audio Visual di Kelas VII MTs
Islamiyah Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak. 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada saat pembelajaran Akidah
Akhlak di kelas VII MTs Islamiyah Pontianak diidentifikasi beberapa masalah
seperti penggunaan media pembelajaran dan cara pencatatan siswa terhadap
materi ajar masih bersifat konvensional (tradisional), serta ditemukan bahwa hasil
belajar siswa masih banyak yang berada dibawah nilai KKM (80). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah
menggunakan media audio visual pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII
MTs Islamiyah Pontianak; serta untuk mendeskripsikan bagaimana langkah
langkah guru dalam menggunakan media audio visual pada mata pelajaran akidah
akhlak di kelas VII MTs Islamiyah Pontianak.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan
dalam penelitian ini dimulai dari siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data
yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni
lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari
analisis data lembar observasi kegiatan guru serta analisis hasil belajar siswa.
Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: satu,
hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual terbilang masih
rendah dengan persentase ketuntasan hanya 40% dari siswa yang berjumlah 20
orang. Nilai rata-rata kelas yakni 72,5 yakni kurang dari kriteria ketuntasan
minimum yakni 80. Dua, langkah guru dalam menggunakan media audio visual
sudah sesuai dengan panduan yang terverifikasi. Dimulai dari mempersiapkan
materi yang sesuai dengan media yang digunakan yakni media audio visual,
dikarenakan tidak semua materi pembelajaran akan sesuai dengan media
pembelajaran, disinilah peran guru dalam mengolah kreativitas penggunaan media
pembelajaran yang sesuai. Tiga, hasil belajar siswa setelah menggunakan media
audio visual terbilang cukup tinggi dengan presentase ketuntasan yang meningkat
dari 40% ke 85% dengan nilai rata-rata yang sebelum menggunakan media audio
visual yakni 72,5 naik ke 86,25. Dari hasil kenaikan hasil belajar siswa, dapat
dimahfumi bahwa penggunaan media audio visual membantu dalam peningkatan
hasil belajar siswa. |
en_US |