dc.description.abstract |
M.Saffia Zahir Ersu, Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Nahdlatus Syubban Sungai Jawi di Luar Kota Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Islam dan Keguruan, Institut agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bullying terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di Sekolah Nahdlatus Syubban Sungai Jawi Luar Kota Pontianak .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Nahdlatus Syubban yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) kuesioner tertutup dengan skala Likert dan (2) dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, regresi linier sederhana, dan uji hipotesis dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa. Data dari uji regresi linier sederhana memperoleh nilai koefisien yang menunjukkan hubungan negatif antara kedua variabel tersebut. Artinya, semakin tinggi tingkat bullying yang dialami siswa, semakin rendah motivasi mereka untuk belajar. Bullying memiliki: Skor rata-rata 54,46 (skala maksimum 76,00), termasuk dalam kategori tinggi (71,65%). Bentuk bullying yang dominan adalah verbal (ejekan) dan fisik (kekerasan). Motivasi Belajar: Skor rata-rata motivasi belajar adalah 59,30 (kategori baik), (skala maksimum 69,00), termasuk dalam kategori sangat baik (85,94%). Indikator tertinggi adalah keinginan untuk berprestasi, sedangkan yang terendah adalah kemandirian dalam belajar. Pengaruh Bullying terhadap Motivasi Belajar: Hasil uji regresi menunjukkan persamaan Ŷ= 62,797+-0,64X dengan nilai signifikansi <0,05 dan t hitung = 0,540 < t tabel = 1,701 t hitungan. Hal ini membuktikan bahwa bullying tidak berpengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VII Nahdlatus Syubban Sungai Jawi Luar Kota Pontianak. |
en_US |